Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Gagal Start

1. Problem tv sharp Great alexander gagal start.



Tv sharp great alexander 21GXF200.

Tv sharp great alexander 21" ini menggunakan ic croma laba-laba IX B266WJ. Memori 24WC08L. FBT bsc 25-0232A. mengalami problem jika tv dihidupkan led merah nyala terang kemudian redup selang beberapa detik terus mati alias tidak nyala lagi,kecuali kabel power dicabut dulu kemudian dicolokkan lagi maka led akan hidup lagi begitu terus jika diulang.

Dari pengalaman pribadi dalam memperbaiki tv, jika menemui kerusakan seperti itu yang sudah-sudah, tv tersebut yang menjadikan problem karena adanya masalah pada bagian tertentu diantaranya:

(1)power suplay meliputi;
IC power baik itu STR atau TR reg,
tegangan( B+)primer dan skunder,  juga error amp apakah sudah oke?, juga ic regulator5v-8v,9v, pastikan vcc sampai ketujuan tidak drop atau terputus ditengah jalan.

(2).Kerusakan pada bag horisontal,
Periksa sirkit horisontal dari jalur pin ic sampai ke defleksi hor. yoke. Periksa tr hor dan komponen pendukungnya, pastikan berfungsi dengan baik.

(3).Periksa FBT.
Jika B+ pada skunder power suplay dipastikan oke, tapi problem masih sama seperti awal , lanjutkan pemeriksaan FBT pada primer dan skundernya, input dan output yang dihasilkan, masih bagus atau ada penyimpangan.

(4).Kerusakan pada bagian vertikal, periksa vcc input dan out ic vert, komponen pendukung terutama elco pum up.

SE 125 sebagai error amp akan memberikan signal dan perintah ke STR W6754 untuk menghentikan aktifitasnya lewat optocouple lalu dilanjutkan ke STR 6754 maka power mati. Maka tv akan mati jika terjadi masalah pada beban.
pada tv tv merk atau type lain ada yang memakai SE 90, 110, 115, 125, 130, sesuai teg B+nya.

Pada problem tv yang sedang saya tangani ini , perbaikan dimulai dari power suplay karena led langsung mati .setelah pemeriksaan pada STR, dan komponen pendukung nya diantaranya resistor pada pin optocouple, juga optocouple itu sendiri. lalu pada SE 125.
Alhasil pada optocouplenya masih bagus tapi SE 125 nya rusak. Lalu SE 125 saya ganti.
Tes B+ bagian sekunder untuk melihat hasilnya,  terlebih dulu lepas beban dengan mengangkat kaki Colektor Tr horisontal biar aman pasang beban lampu 100 watt.

Setelah dites dengan beban lampu
lampupun menyala terang. dan lagi-lagi dalam hitungan detik lampu langsung padam. Coba lepas beban lampu atau jalur C keFBT dicut B+ jadi normal 125v.

Weh...weh....sasaranku loncat ke Tr hor ternyata masih oke , lalu beralih ke FBT, setelah diperiksa FBT juga sudah KO rupanya. dapat borongan rupanya hari ini. Proses pemeriksaan tv terpaksa saya hentikan sementara , karena stok FBT BSC 25-0232A. habis.

Paginya luncuran ke toko terdekat sambil belanja yang lain, tapi Fbt ditoko juga nihil, kemudian saya cari fbt yang fungsi pinnya sama atau mendekati, jatuhlah pilihan pada type: FA 061WJ-SA. lakukan penggantian dan tes tvnya lagi, dan akhirnya mak..byaaaarr juga.

Kesimpulannya;
 tv ini mengalami kerusakan pada :
(1) SE 125 untuk error amp.
(2) FBT.bsc 25-0232A.

Catatan:
Trik saya dalam menangani tv yang problem atau rusak, berusahalah teliti dan berfikir dari hal yang paling sederhana dulu, yang berhubungan dengan problem pada tv.

Alhamdulilĺah......kelar juga akhirnya.
Kalau sudah rejeki tak akan kemana.
sumber: https://zenntronic.blogspot.com/2014/12/problem-tv-sharp-great-alexander-gagal.html


2. Tv sharp alexander pro mati standby.



Tv sharp alexander pro 21 inch model 21PX250E2 seperti terlihat pada gambar diatas menggunakan komponen diantaranya sbb;
* IC REG. POWER SUPLY : W5453.A.
* IC hor : TT.2140.
* IC Vertikal: STV.9302 B.
* FBT : JF 0501-32601.
Tv ini kerusakkannya ialah sbb:

PROBLEM AWAL :
*Tv jika dihidupkan lampu led indicator pada bagian depan masih nyala, tapi jika distart cahaya pada bagian pinggir layar sekilas terlihat nyala mak laapp!!... kemudian kembali kestandby lagi.

Dugaan awal kerusakan:
* Kerusakan komponen bag horisontal?.
*Kerusakan komponen bag vertikal?.
*Atau kerusakan pada rangkaian lain?.

Penelusuran dan Pemeriksaan:
Setelah penelusuran dan pemeriksaan sana sini tertangkaplah biangnya,
Lihat gambar dibawah ini adalah letak komponen yang menyebabkan tv ini mati standby.



Kemudian setelah penggantian komponen sesuai dengan yang bertanda masing-masing diatas, tv pun dicoba lagi dan alhasil tv sudah bisa hidup normal kembali.
tes agak lama tv kemudian matikan lagi sampai dingin dan coba hidupkan lagi langsung joss !.... penyakit standby-nya sudah hilang...hehehe....

Alhamdulillah... kalau rejeki tak akan kemana.

Baca juga problem tv sharp alexander yang lain.

sumber: https://zenntronic.blogspot.com/2016/07/tv-sharp-alexander-pro-mati-standby.html



Artikel lainnya:

Comments

Popular posts from this blog

Data Pin Flyback Tv Tabung Sharp dan Persamaannya

Parameter Service Mode Tv Tabung Sharp

Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Indikator Merah Kedip-kedip