Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Hidup Sebentar Lalu Hang

1. Sharp alexander 29"dgn IXC 844wjzz hidup sebentar terus hang


KASUS :


  • Saya ada masalah dgn Sharp alexander 29"dgn ixc 844wjzz.Pertama di nyalakan tv tdk ada kelainan apa2, tapi berselang sktar 10mnt (tv mulai panas) pesawat tiba2 macet/hang. Semua tombol d pnel mupun rmote macet/tdk fungsi. Pengukuran d pin scl/sda teg ok, pin IR berayun ktika remot d pencet tapi ttp tdk ada respon. Solder ulang sdh dilakukan, Part yg sudah  ganti adalah IC IXC 844WJZ,78MR05,smua elco (reg/hor)sdh d cek. Mohon petunjuk dari bapak bagian mana yg perlu di cek lagi? Atas bantuan , saran  serta petunjuk bapak saya ucapkan banyak terima kasih.  Dari :Arief Kurniawan elconora@yahoo.co.id



SARAN (marsonotv):


  • Pesawat hang berarti bagian mikrokontrol (program) macet tidak fungsi. Maka yang perlu dicek dgn seksama adalah sirkit yang berhubungan dengan mikrokontrol tersebut.

Coba cek tegangan :


  • Vdd 5v pin-89
  • RESET sekitar 4v pin-74
  • AC detect sekitar 4v pin-82
  • SDA/SCL sekitar 4v pin-5/6

Ukur semua tegangan saat masih fungsi dan ketika hang. Kemudian bandingkan tegangannya ada yang berbeda atau berubah tidak.



SOLUSI :


  • Alhamdulilah, sesuai saran Bapak saya lakukan pengukuran tegangan di pin 5/6(SDA/SCL) - pin 82(AC detec) - pin 74(MCU reset) dan - pin 89(VDD). Saya bandingkan waktu kndsi normal dgn kondisi panas. Akhirnya ketemu juga pak, ternyata setelah panas tegangan di pin SDA drop menjadi 1volt (normal 3,8V). Kecurigaan muncul pada zener smd di pin scl/sda. Pergantian zener ternyata tidak menyelesaikan masalah. Akhirnya saya mencoba mengganti IC Memory(24c08) dan ALHAMDULILAH teg menjadi normal dan TV tdk hang lagi. Kesalahan saya dari awal saya hanya terpaku pada VCC 5 volt saja.
  • Terimaksih banyak Bapak sumarsono,yg senantiasa memberi petunjuk kpd saya di kala saya mendapat kesulitan, smoga ILMU yg bapak berikan menjadi amal ibadah dan mendapat balasan dari ALLAH SWT, smoga Bapak sekeluarga juga senantiasa sehat dan terus bisa berkarya amien ....amien. Sekali lagi pak Terima kasih bantuannya...! Salam Hormat

 sumber: http://marsonotv.blogspot.com/2012/10/sharp-alexander-29-ixc-844wjzz-hidup.html


TV SHARP 51ZF500MSL Data Suka Error
Diagnosa

Televisi SHARP 51zf500msl jika dihidupkan pada awalnya terlihat normal ( suara dan gambar ada ) , namun setelah 15 -30 menit mulai susah untuk di control . Fungsi volume dan lain-lain terlihat tidak berfungsi, hanya terlihat tampilan perintah di layar monitor ( OSD ) tanpa ada reaksi ke sistem penerimaan .

Model televisi SHARP :



Apakah yang menyebabkannya ? segera saya selidiki .

Kerusakan seperti ini merupakan hal baru buat saya , maksudnya baru pernah nemui dan sedikit merepotkan untuk mencari biang keladinya. Saya coba menerka dari gejala yang terjadi, seperti terjadi hang saat temperatur mulai naik ( panas ) . Saya mulai dengan mengukur tegangan di pinout IC MEMORY untuk fungsi DATA ( SDA ) ,proses ini yang memakan waktu karena saya mesti nunggu timbulnya masalah tersebut. Setelah 30 menit akhirnya baru saya ketahui , prob multitester yang saya tempelkan di pinout DATA ( SDA ) mendadak drop tegangannya ( tersisa 0,4 volt ) . Senang melihat kejadian ini , permasalahan mulai terang dan mudah-mudahan bisa terselesaikan dengan
segera .

Tampilan gambar saat saya lakukan pengukuran dengan multitester :



Saatnya saya matikan televisi SHARP-nya dan saya keluarkan mainboard dari kerangka plastik , tegangan yang drop setelah saya telusuri  didapat dari resistor SMD ( lokasi dibawah PCB ) yang terhubung ke supply tegangan 5 volt . Nilai resistor pengganti saya gunakan nilai 4K7 dengan model standar, seperti ini setelah saya pasangkan :



Ini masih perkiraan saya saja dan masih tersisa pertanyaan, apakah dengan penggantian resistor tersebut nantinya televisi akan menjadi normal. Untuk mengetahui mesti dicoba , karena televisi yang rusak ada 2 unit jadi ada kesempatan untuk lakukan tester selama 45 menit. Hasil akhir dari perbaikan yang saya lakukan memang benar adanya, hanya resistor 4k7 yang menjadi biang keladi dan sampai saya tuliskan artikel ini televisi masih normal-normal saja.

Mengira tidak selalu tepat pada sasarannya jadi mesti teliti , Alhamdulillah kerusakan dapat saya perbaiki dan mungkin ini dapat menjadi acuan bagi yang memerlukannya, semoga bisa bermanfaat
sumber: https://www.hamimservis.com/tv-sharp-51zf500msl-data-suka-error/



Artikel lainnya:




Comments

Popular posts from this blog

Data Pin Flyback Tv Tabung Sharp dan Persamaannya

Parameter Service Mode Tv Tabung Sharp

Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Indikator Merah Kedip-kedip