Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Gambar Hitam Putih

TV Sharp 21EF250 Gambar Hitam Putih
Diagnosa

TV Sharp 21EF250 Gambar Hitam Putih awal saya hidupkan tampilan gambar goyang-goyang seperti supply tidak stabil dan setelah normal tampilan gambarnya hitam putih

Modelnya :



Apakah penyebabnya ?

Langsung saja saya buka casing tvnya dan terlihatlah board PCBnya, IC typw IXB855WJ sebagai komponen inti di rangkaian tv ini. Awal sekali saya ukur dahulu VCC 9 volt setelah posisi on, hasil pengukuran didapatkan 8 volt setelahnya baru 9 volt. IC regulator minta digantikan dan setelah saya gantikan VCC 9 volt sudah terukur normal, dengan VCC 9 volt saya pikir tampilan gambar akan timbul warnanya , kali ini tidak demikian. Tampilan gambar tetap saja hitam putih.

Jadi cek dan ricek lagi jalur IC IXB855WJ untuk mempermudah coba Googling , dapatlah diagram IC IXB855WJ dan pin yang mengalami kerusakan no 27 dengan kopel capasitor 100nF ( C820 kode di PCB ). Capasitor 100nF kondisi konslet. Saya gantikan capasitor tersebut dan hasilnya Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal.

Lokasi di board :



sumber: https://www.hamimservis.com/tv-sharp-21ef250-gambar-hitam-putih/




Artikel lainnya:

Comments

Popular posts from this blog

Data Pin Flyback Tv Tabung Sharp dan Persamaannya

Parameter Service Mode Tv Tabung Sharp

Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Indikator Merah Kedip-kedip