Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Mati Total

1. TV Sharp Wonder Gambar Redup


              Siang tadi dapet service tv Sharp type 20W200 dengan kerusakan mati total (LED tidak menyala).setelah di lakukan pemeriksaan saya dapati fuse putus dan STR F6654 nya short,dan 2 buah resistor R725 = 560K dan R723 = 680K dalam keadaan melar nilainya.
              Setelah pergantian 4 komponen tersebut,tv pun saya coba nyalakan dan Mak ByAAAk….tv hidup kembali Setelah tv hidup muncul masalah baru yaitu gambar yang di hasilkan kurang kontras (redup sekali),dan juga gambar akan goyang jika volume tv di tambah sedikit,lebar gambar pun kurang penuh sisi kanan kirinya,hmmmmm…..apanya lagi nih?
               Kemudian saya lakukan pemeriksaan pada semua tegangan diantaranya : - tegangan B+ yang seharusnya sekitar 115V turun menjadi 102V - tegangan 16V dari FBT turun tinggal 12V - tegangan 8V turun jadi 6,5V - dan tegangan 5V turun menjadi 4,3V.
                Kemudian saya lakukan pemeriksaan di semua bagian output regulatornya,saya cek 1 per 1 elco dan zener diode pada bagian tersebut tidak ada satu pun yang bermasalah,kemudian pengecekan saya kembalikan lagi ke bagian regulator acmaticnya ,saya telateni lagi 1 per 1 komponen yang mencurigakan dan akhirnya saya dapati sebuah diode yang short yaitu D705 = K6 17 (tertulis di bodynya) dalam keadaan konek alias short.
                 Setelah saya ganti diode tersebut dengan yang masih normal tv pun saya coba nyalakan lagi dan Alhamdulillah gambarnya pun normal kembali,kontras gambar pun maksimal dan gambar pun tidak goyang-goyang lagi jika volume tv di tambah,dan yang pasti semua tegangan lancer terkendali hehehehehe……..SUKSES BUAT SEMUA!!!!!!!!!!



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

sumber: https://aisy-romadhona.blogspot.com/2009/12/tv-sharp-wonder-gambar-redup.html

2. sharp jadul matot


Kasus tv sharp jadul matot lampu indikator tidak nyala sama sekali .
dari hasil pengukuran semua tegangan tiak ada sama sekali alias 0v
penelusuran selanjutnya menuju bagian regulatot di temukan ada bekas seperti kene air pada bagian pcb basah namun ternyata akibal elko bocor yaitu C709=47mf50v dalam keadaan bocor R703=27k2wtt Putus setelah kedua komponen di ganti keadaan masih tetap sama ahirnya memutuskan untuk ganti IC751=ix1779CE akan tetapi sayang ic ini gak ada lagi di toko kemudian coba cari persamaanya dan di temukan penggantinya yaitu TAE2261 dan alhamdulilah tv bisanyala lagi akan tetapi ketika tombol di tekan lampu indikator berkedip dulu baru nyala normal ,
Kemudian utak punya atik di temukan elko C729=220mf 25v dalam keadaan kering.dan pekerjaan ahirnya selesai setelah mengganti elko tersebut.
semoga ada manfaatnya buat kita semua....Amin..!
sumber: http://ndoryservis.blogspot.com/2014/01/sharp-jadul-matot.html



3. TV SHARP PICCOLO 14E52MK2 MATI 
Informasi dari yg punya tv kemarin kena sambaran petir, langkah pertama buka tutup belakang tv, sambil berdo'a mudah - mudahan tidak terlalu parah, kemudian setelah terbuka kelihatan mesinnya masih kinclong. Ada secercah harapan batinku, lepas semua kabel kemudian periksa komponen yg kelihatan terbakar, ditemukan R704=220 ohm. R706=0,22 ohm 1W. R705=0,82 ohm 1W. D732=zener8v2 short. D715=zener5v6 short. dan STR W5453A short. Ganti baju terus berangkat belanja, tidak lupa bawa catatan. Setelah pergantian komponen tersebut saatnya test drive, Bismillah....tv menyala normal dan tak perlu lagi setting macam - macam....Alhamdulillah. Info dari bos Ndowie STR W5453 bisa juga diganti dg STR W5454 dan lebih awet. Semoga manfaat......
sumber: http://mproelektronik.blogspot.com/2010/05/tv-sharp-piccolo-14e52mk2-mati.html


4. Tv Sharp AV Multi System Silver Box 20 inch Gejala Matot =ic Croma SMD IXC855wj
Alhamdulillah.. Akhirnya TV ini Nyerah juga.setelah bertempur 2 jam.hehehhee///


Tv Sharp AV Multi System Silver Box 20 inch



Gejala Matot =ic Croma SMD IXC855wj
.
Pengecekan TR hor TT2140 shot... setelah TR sy copot... tv sy on ternyata Led udah nyala,,, sy ukur teg B+ 132v tampa beban...
.

TR Hor sy pasang.. tv sy on... tapi syng led Gak berubah..nyalanya...tekan pwr di remot/ ch di panel.. led tdk bergeming tetap nyalah.. redup...
.

Chek teg 5v di panel .normal teg regulator 12v juga normal.. yg jelas tv ini mati Standby bukan mati Protek...kemudian sy coba ganti ic regulatornya 090RD1 dgn yg baru,, tapi syng,, tdk ada perubahan,,, tv masih standBy
.

sy ambil ESR ukur semua elko reg.. tapi semua sehat...akhirnya TV di geser dulu ..kerjakan tv lain...sambil mengerjakan tv lain sambil mikir kerusakan/penyebab tv tersebut gk mau start,,,

.

sangking penasaran.. TV tersebut sy geser lagi ke meja kerja... menurut analisa sy.. pasti teg 5v yg bermasalah.mungkin perlu di perbesar elkonya... tampa pikir panjang.. elko teg suplay 12v = C642=25v/47uf sy ganti dgn 25v/220uf dan elko teg 5v=C643=16v/470uf ganti dgn 16v/1000uf..
. kemudian tv sy ON..terdengar suara FBT udah bekerja,,,, Heter pun udah nyala.... Maknyusssssssssssssss...



Kesimpulan.. TV gagal start di sebab kan TEG 5v tidak terfilter dgn baik disebabkan elko filter 5v kering/kapasitasnya berkurang menyebabkan swicth on/of umpan balik ke ic Croma tdk stabil,,,,salam sukses
sumber: http://muaslanelektronik.blogspot.com/2016/03/tv-sharp-av-multi-system-silver-box-20.html


5. Tv Sharp 21DF251 rusak TR Horizontal TT2140
Jangan heran bila tv ini mati total walau kemaren masih bisa menyala.
Anehnya kata empunya tv tiba-tiba mati saat pertama dinyalakan.
Sampai kabel AC cord jadi sasaran. Ini pengalaman yang saya dapati.

Dalam kasus seperti ini memang agak aneh karena dengan penggantian TR yang sama atau dengan persamaan akan terulang kerusakan yang sama, yaitu tiba-tiba mati saat pertama dinyalakan.

Karena keterbatasan alat maka saya hanya bisa menduga-duga saja apa penyebabnya sehingga ada yang harus diantisipasi sebelum mengganti TR horizontal yang baru.


  • Ganti C719 filter VCC STR W5453 karena bila c tsb mulai kering berakibat melonjaknya tegangan B+ yang seharusnya 125v bisa naik menjadi 150v dan kadang travo ada suara berdenyit.






  • Cek tegangan Travo drive horizontal minimal 12v dan ganti elco C610 220uf 25v karena bila elco mulai kering akan mengakibatkan TR horizontal cepat panas dan short.






  • Ganti C643 470uf 16v karena ini adalah filter 8v suply IC Chroma termasuk Oscilator horizontal dan vertikal.




Dan bila langkah-langkah tersebut telah dilakukan mudah-mudahan tidak akan terulang lagi kerusakan yang sama.
Sekian dari saya semoga bermanfaat.
sumber: https://alextro-service.blogspot.com/2015/03/tv-sharp-21df251-selalu-rusak-tr.html


6. TV Sharp ekspresion 51X250 : Mati Total ada suara mencuit
 - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kerusakan pada Televisi Merk Sharp Model ekspresion 51X250. Gejala kerusakannya adalah Mati Total ada suara mencuit. Untuk solusi kerusakan pada tv seperti ini biasanya yang bermasalah yaitu bagian Power supplynya, bisa karena solderan yang retak ataupun ada komponen yang rusak atau lemah.


Berikut Data kerusakan dan solusinya :

Perangkat: TV
Merek: Sharp
Model: ekspresion 51X250
Gejala: matot,ada suara mencuit
Penyebab: tegangan B+ short
Solusi: ganti D750 dgn nilai Z117

Itulah Solusi kerusakan Pada TV Sharp Model ekspresion 51X250 : Mati Total ada suara mencuit semoga bermanfaat.
sumber: http://teknisi-elektro.blogspot.com/2012/08/tv-sharp-ekspresion-51x250-mati-total.html


7. TV SHARP Model 14Q25MKLL Mati Total 
- Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kerusakan pada Televisi Merk  SHARP Model 14Q25MKLL. Gejala kerusakannya adalah Mati total.

Untuk solusi kerusakan pada tv seperti ini biasanya yang bermasalah yaitu bagian Power Supplynya, bisa karena solderan yang retak ataupun ada komponen seperti IC atau elco yang rusak atau lemah.


Berikut Data kerusakan dan solusinya :


Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : 14Q25MKLL
Gejala : mati total
Penyebab : regulator kurang baik
Solusi : jika STR G5653 bagus sekring tdk putus cek R707 nilai nya 470k biasa mdah rusak...

Itulah Solusi kerusakan Pada TV SHARP Model 14Q25MKLL Mati Total semoga bermanfaat.
sumber: http://teknisi-elektro.blogspot.com/2012/09/tv-sharp-model-14q25mkll-mati-total.html

8. SHARP ALEXANDER 29GXF500 MATI TOTAL
Belum lama ini dapat order tv Sharp Alexander 29GXF500,padahal menurut sang pemilik usia tv itu baru 6 bulan sebenarnya televisi masih dalam masa garansi.Akan tetapi sang pemilik tidak sabar untuk memasukkan televisi ke dealer mungkin karena takut membutuhkan waktu yang lama untuk proses perbaikan..
Segera kubuka televisi yang masih perawan itu (wah kaya malam pertama aja he he) kutemukan adanya kejanggalan pada bagian saklar yakni bagian pcb nampak hangus terbakar dan ternyat jalur PCBnya sudah putus.
Segera saja kuperiksa saklar power dan memang sudah ada tahanannya,mungkin hal inilah yang membuat PCBnya terbakar karena panas yang disebabkan tegangan yang mengalir tidak lancar di bagian saklar...
Saklar pun segera kuganti dengan yang baru dan tvpun dapat menyala kembali dengan normal..Sukses buat semuanya
sumber: http://gbrelektronik.blogspot.com/2010/01/sharp-alexander-29gxf500-mati-total.html

9. Televisi Sharp 25N42-E1 Matot/ Mati-Total
Diagnosa

Televisi Sharp dalam kondisi matot/mati-total, jika kita coba hidupkan cuma terdengar suara bercuit tak lama kemudian hilang suara cuit-nya.

Model Televisi Sharp  :



Dimanakah letak kerusakannya? Segera kita selidiki

Walaupun televisi ini keluaran lama, secara rangkaian sudah terbilang canggih untuk di zaman-nya. Timbulnya suara cuit dari televisi ini di sebabkan adanya komponen yang shot, Power supply sudah di lengkapi oleh pengaman jadi apabila ada pemakaian tegangan yang berlebihan membuatnya memutuskan sementara pemberian kepada rangkaian tersebut.

Yang jadi pertanyaan dimana letak komponen yang menggalami kerusakan, untuk tahap awal bisa kita cek Transistor pada bagian Horizontal, coba dilepaskan komponen tersebut dan mengukurnya dengan multitester. Cara pengukuran bisa kita pakai rumus Prob hitam pada Colector Transistor sedangkan Prob merah pada kaki Basis maupun Emitor. Apabila jarum pada multitester bergerak itu sudah bisa kita pastikan Transistor sudah rusak.
Pada televisi ini menggunakan Transistor type C3886A, tampak seperti ini:



Dari hasil pengukuran memang positif rusak, jadi harus diadakan penggantian untuk ini. Sebelum kita ganti dengan Transistor yang baru sebaiknya kita tes dahulu tegangan supply B+ nya disini kita ukur besarnya 125 volt. Kenapa mesti diukur? ini untuk memastikan tegangan supply masih normal jika tegangan tidak normal akibatnya Transistor yang baru kita ganti bisa rusak kembali Dalam kasus kali ini penyebab utamanya tidak lain karena lemahnya transistor itu sendiri mungkin karena panas yang dihasilkan dalam waktu yang sangat lama.

Karena tegangan supply dalam kondisi baik, langsung kita ganti saja dengan transistor yang baru. Tetapi transistor pengganti kita tidak gunakan dengan sejenis/ sama melainkan menggunakan Transistor type D2580 . berikut tampak pada mainboard setelah proses pemasangan:



Selesai sudah semuanya sekarang saatnya untuk mencoba menghidupkan televisi” Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup kembali.
sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-sharp-matot-mati-total/

10. Televisi Sharp 51R500 Mati-Total
Diagnosa

Televisi Sharp 51R500 , tidak ada tanda-tanda kehidupan lampu indikator tidak menyala ketika saya coba hidupkan televisinya.

Model televisi Sharp :



Apakah yang menyebabkannya ? Segera saya selidiki.

Awal pemeriksaan dimulai dengan mengukur transistor yang ada di power supply unit ( PSU , type 2SD1884. Hasil pengukuran saya dapatkan transistor dalam kondisi rusak. Hasil pengukuran dengan multitester kaki basis ke colector maupun emitor dalam keadaan tidak ada hambatan ( 0 ohm ) .

Pemeriksaan lanjutan saya lakukan mengingat rusaknya transistor ini bisa memanjang, maksudnya bisa berdampak ke komponen yang lain, sebut saja IC TEA 2261. Untuk mengetahui masih berfungsi atau tidak IC TEA 2261 bisa diukur dengan multitester dan untuk mengetahuinya televisi mesti dihidupkan terlebih dahulu.

Transistor 2SD1884 yang mengalami kerusakan saya lepaskan dari papan PCB lalu saya pasangkan fuses ( sikring ) baru, selanjutnya barulah saya ukur supply tegangan untuk basis transistor 2SD1884. Output tegangan dari IC TEA2261 tersedia,  IC masih dalam kondisi baik dengan output tegangan yang keluar mempunyai denyut ( bergerak turun-naik ), untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video berikut :



Selanjutnya saya ukur  komponen penyearah ( Dioda ), hasilnya positif mengalami kerusakan juga. Dioda ini sebagai jembatan dari tegangan supply 300 volt untuk colector transistor, Dioda pengganti saya gunakan type BYW76D. Tampak dioda pengganti bisa kita lihat pada gambar berikut :



Satu tahap lagi untuk menghindari kerusakan transistor 2SD1884 setelah penggantian, saya juga mengganti capasitor 47uF/50 volt. Fungsi capasitor  sebagai triger  ke transistor 2SD1884, dan terpasang pararel dengan dioda zener 3,9 volt. Transistor pengganti disini saya gunakan type 2SD2581, tampak setelah pemasang pada mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut:



Setelah selesai proses penggantian komponen yang rusak, saya hidupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah televisi Sharp 51R500 sudah normal kembali.

Semoga bisa bermanfaat
sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-sharp-51r500-mati-total/2/

11. Tv Sharp 14V20MS2 Mati-total
Diagnosa

Tv Sharp 14V20MS2 jika kita coba hidupkan ? lampu indikator tampak tidak menyala lebih simpel kerusakannya kita bilang mati-total.

Model tv Sharp :



Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki .

Mati-total berarti pemeriksaan awal kita lihat fuses/ sikring, disini kita lihat fuses sudah hitam . Telah terjadi hubung singkat sehingga fuses menjadi hitam, dan pemeriksaan mesti kita lanjutkan ke komponen utama PSU yaitu Ic STR5354. Cukup hanya melepaskan ic switching dari mainboard dan setelah terlepas kita ukur dengan multitester tepat di kaki capasitor filter tegangan 300 volt . Hasil yang baik adalah jika kita temui seperti kita mengukur dioda yaitu hanya 1 arah saja tidak boleh terukur bolak-balik. Tampilan PSU tv Sharp :



Memang kerusakan yang sedang kita tanggulangi ada di ic STR5354, sebelum kita pasangkan ic baru ada baiknya periksa dahulu komponen pendukung untuk ic switchingnya. Ada beberapa dioda – resistor- capasitor, setelahnya barulah kita pasangkan ic STR5354. Sebelum kita coba hidupkan PSU disini kita ukur transistor horizontal untuk FBT type TT2140 dan kita dapatkan dalam kondisi rusak. Segera kita lepaskan transistor horizontal dan kita masukan aliran listrik dan kita ukur tegangan output untuk FBT, hasilnya tegangan terukur 125 volt.

Dengan tegangan 125 volt sudah bisa kita pastikan PSU bekerja dengan baik, kita lepaskan aliran listrik dan kita pasangkan transistor horizontal baru. Type transistor pengganti TT2074 dan tanpa lama-lama kita masukan lagi aliran listrik dan hasilnya ? Alhamdulillah tv Sharp sudah  kembali normal. Tampilan transistor horizontal :



sumber: https://www.hamimservis.com/tv-sharp-14v20ms2-mati-total/

12. TV SHARP 20W25MK Mati-Total
Diagnosa

TV SHARP 20W25MK saat saya coba hidupkan , lampu indikator tampak tidak menyala ( seperti mati-total ).

Model TV SHARP :



Apakah yang meyebabkannya ? Segera saya selidiki

Di sekian kalinya temui kerusakan seperti ini dan selalu saya mulai pemeriksaan di area PSU ( power supply unit ) , kira-kira komponen apa yang menjadi penyebab kerusakan ” langsung buka casing tv-nya. Setelah casing penutup terbuka saatnya lakukan pengukuran , untuk mempermudah masukan aliran listriknya . Saya ukur tegangan diarea PSU primer tersedia yaitu 310 volt dan di area sekunder untuk B+ terukur 115 volt . Kanal output PSU tegangan B+ terukur  115 volt tapi kenapa tv tidak bisa hidup ? Ternyata tegangan 8 volt untuk sistem control MCU yang tidak stabil, dari tegangan 8 volt dipasang stabilizer yaitu IC 7805 menjadi 5 volt dan disini tegangan terukur 4 volt saja.
Tegangan yang tidak stabil ini disebabkan capasitor filter tidak bekerja dengan baik , nilai capasitornya 470uf/25 volt dan langsung saya lepaskan dari mainboard dan saya pasangkan nilai 1000uf/50 volt. Setelah terpasang capasitor pengganti saya masukan lagi aliran listrik dan coba ukur ulang ,hasilnya tegangan sudah kembali normal yaitu 8 volt. Lampu indikator tampak sudah meyala yang mengartikan sistem MCU sudah berfungsi dengan baik. Tambahan saya lakukan penambahan timah solder untuk hot area yaitu dibagian IC Vertikal dan IC Regulator dan satu lagi di area FBT , ada satu lagi yaitu area soket RCA untuk sistem video input bagian depan.

Posisi capasitor-nya :



Saatnya tekan power via remote control ? Alhamdulillah tv sharp sudah kembali normal , tampilan gambar dan suara sudah tampak normal tidak ada masalah yang lain. Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk saat ini dan sesuai dengan yang diharapkan, semoga bisa bermanfaat

sumber: https://www.hamimservis.com/tv-sharp-20w25mk-mati-total/

13. TV SHARP 21ES353E Mati-Total
Diagnosa

TV SHARP 21ES353E jika kita hidupkan sama sekali tidak ada tampilan gambar maupun suara,, lampu indikator kita lihat juga tidak menyala.

Model TV SHARP :



Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki

Kasus mati- total sudah menjadi permasalahan yang umum dan penyebab bisa banyak faktor yang pada intinya kita lihat dari gejala yang nampak. Lampu indikator tidak menyala ? ada indikasi Power Supply Unit ( PSU ) tidak bekerja , untuk memastikan lebih detail lebih mudah kita ukur dahulu fuses ( sikring ) apakah putus atau tidak . Kondisi Fuses kita bagus dan kabel penghubung jala-jala juga bagus , Jadi kedua komponen tersebut dalam kondisi bagus . Tahap berikutnya kita keluarkan papan PCB dari casis dan kita balikan supaya bisa kita lakukan pengukuran dengan multitester, saat kita masukan tegangan dari jala-jala PLN kita ukur tegangan 310 volt terukur normal di kaki capasitor filter 220uf/400 volt , PSU TV SHARP ini menggunakan IC STRW 6553A .



Sempat terpikir IC STRW 6553A yang menjadi penyebab kerusakan cuma sebelum kita vonis kita sempatkan terlebih dahulu mengukur komponen bagian output PSU. Di area tersebut ada DIODA dan CAPASITOR dan poin utama pada bagian tegangan terbesar yaitu 115 volt untuk supply FBT. Capasitor kita lihat agak mengelembung badannya dan saat kita lepaskan dari PCB dan kita ukur ternyata sudah dalam kondisi rusak, nilainya 100uf/160 volt ( kita gunakan multitester X10 jarum tidak bergerak naik ↔ turun ) jadi langsung kita pasangkan Capasitor baru dengan nilai yang sama.

Setelah kita selesai pasangkan capasitor 100uf/160 volt tegangan output 115 volt sudah tersedia dan lampu indikator sudah tampak menyala cuma FBT tidak bekerja saat kita tekan tombol power via remote maupun via panel control. Kita coba telusuri kembali diagram yang ada di mainboard dari arah tegangan 115 volt ke FBT dan baru ketahuan ada resistor yang putus ( ada 3 buah terpasang pararel ) dan untuk ini kita pasangkan nilai 0,5 Ω 2 WATT .

Posisi Capasitor dan Resistor :



Setelah kita pasangkan Resistor 0,5 Ω 2 WATT kita coba lagi hidupkan TV SHARP dan saat kita tekan tombol power via remote control hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal , tampilan gambar sudah tampak begitu pula dengan suaranya.
sumber: https://www.hamimservis.com/tv-sharp-21es353e-mati-total/

14. TV Sharp Mati – Hidup
Diagnosa



Awal kondisi tv sharp ini mati-total, kalau dimasukan aliran listrik cuma terdengar suara cit-cit dari dalam tvnya. Kalau seperti ini sudah pasti ada komponen yang rusak, yang membuat power supply terproteksi. Langsung saja deh saya buka tv sharp-nya , poin awal pemeriksaan saya arahkan di area horizontal dengan komponen utama transistor type TT2140. Hasilnya positif transistornya rusak, segera saya lepaskan dari PCB dan saya lakukan penggantian dengan type 2SD2253. Setelah selesai saya lakukan penggantian transistor  saya coba hidupkan tv sharp ini , awalnya tv bisa hidup tapi selang beberapa menit kembali mati.

Dengan kondisi ini makin jelas penyebab kerusakan transistor horizontal type TT2140, saya coba ukur tegangan supply dari power supply dan semuanya normal-normal saja .


  • Supply 115 volt
  • Supply 12 volt

Lanjut saya lakukan pengukuran dari supply FBT poin untuk supply ic logic yaitu supply 8 volt dan 5 volt dengan input awal 12 volt. Hasilnya positif supply 5 volt bermasalah ( tidak stabil ) disini terukur 3.8 volt. Supply ini didapat dari regulator dengan menggunakan transistor 2SC1815 dan saya gantikan dengan yang lebih besar yaitu memakai transistor type 2SD882.

Lokasi transistor di PCB :



Selesai sudah perbaikan yang saya lakukan , tv sharp alhamdulillah sudah normal kembali
sumber: https://www.hamimservis.com/tv-sharp-mati-hidup/


15. Cara Menganalisa Kerusakan TV Sharp Mati Total
Salam sejahtera untuk sobat semua yang masih bersemangat dalam mencari serta menangani atau memperbaiki perangkat elektronik seperti televisi,  speaker aktif, mesin cuci, dan lain-lain.. Untuk postingan kali ini adalah bagaimana cara menganalisa kerusakan pada sebuah pesawat televisi merk Sharp dengan kerusakan mati total, dan mungkin juga ini akan sama cara penanganan dengan tv merk lain seperti LG, Sanken, dan lain-lain

Oke sobat semua, kali ini pasien datang dari keluarga Sharp yaitu, SHARP ALEXANDER-Slim 21" (inch) dengan kerusakan mati total (matot)




TV Sharp tersebut menggunakan komponen utama berupa :

- IC croma : IXD067WJZZQ
- IC Vertikal : STV9302
- TR Hot. : MDX1802
- TBT  : RTRNFA151WJZZ dan
- STR. : W6653A

Adapun kerusakan adalah seperti yang telah di sebutkan di atas tadi yaitu tv mati total, untuk kasus seperti ini adalah pertama buka chasing terlebih dahulu, baru pengecekan di bagian mainboard mesin tv tersebut, dan tepatnya di area PSU

Namun untuk kasus kali ini mungkin keberuntungan sedang berpihak kepada saya karena kerusakan hanya sebuah komponen berupa STR dengan seri W6553A
Namun karena saya tudak punya STR dengan seri tersebut maka saya menggantinya dengan seri yang lain yaitu W6554A





Jika di lihat dari datasheetnya STR ini mempunyai system atau susunan yg sama (mirip) yang membedakan kedua jenis STR ini hanya pada Ampernya saja, dimana str dengan seri W6554 memiliki amper yang di atas sedikit lebih besar dari rivalnya, karena memang STR W6554A biasa di gunakan pada pesawat televisi dengan ukuran inci yang lebih besar (29") dan setelah selesai pergantian, tv pun langsung saya coba nyalakan dan




Cling, nyala juga rupanya, hehehe..
Oke rekan" sukses selalu buat anda semua.. Itulah pengalaman yang saya bisa bagikan untuk kali ini tentang
Kerusakan TV Sharp Mati TotalTotal
Semoga bermanfaat, dan trimakasih untuk semua yang telah berkunjung di blog ini..
sumber: http://www.tutorialelektro.com/2018/03/menganalisa-kerusakan-tv-sharp-mati-total.html

16. TV SHARP 14A20MS MATI TOTAL
     Pagi ini dapat panggilan lewat telpon untuk memperbaiki tv merk sharp dengan keluhan matot alias mati total.
     Setelah menyiapkan peralatan secukupnya, segera meluncuk ke lokasi yang telah di sampaikan oleh penelepon tadi,
     Sesampai di tempat tujuan, langsung menuju meja dimana tv dipajang. coba tancapkan colokan listrik lalu pencet power, dan memang tidak ada reaksi sama sekali dari tv, alias mati total.





     Setelah melihat gejala awal. tv langsung pindah ke lantai untuk dilakukan otopsi.
pertama-tama balikkan tv untuk melepas baut-baut penutup belakang tv, terlihat model tv di bagian belakang tutup tv.



     Ada beberapa baut untuk mengunci tutup belakang tv ini, setelah terbuka semua, tarik ke belakang tutup tv dan terlihatlah isi dari tv sharp ini, tak lupa tancapkan solder untuk mulai kerja.
     Tak seperti biasanya yang penuh dengan debu dan kotoran, mesin tv ini masih kelihatan bersih, hanya ada debu tipis yang menempel. Segera lakukan bersih-bersih mesin tv dari debu dan kotoran meskipun hanya sedikit, agar nanti dalam proses perbaikan tidak menghambat.
setelah cukup bersih, lepas semua jalur kabel-kabel yang terhubung dengan mesin tv ini, tak lupa untuk membuang sisa muatan yang ada di ujung kabel fbt.
Selanjutnya tarik keluar mesin tv , ini lah tampak atas mesin tv sharp ini :




     Selanjunya balikkan mesin tv, ini adalah penampakannya :





     Melihat gejalanya tadi, kecurigaan langsung tertuju ke bagian power supply. untuk menghindari terkena strum akibat sisa muatan, saya ambil multi tester untuk pengecekan pada kapasitor besar di primer power supply, dan benar saja masih ada sisa tegangan yang cukup besar di sini, ini pertanda power supply benar-benar terhambat sehingga tidak bisa bekerja dengan baik. segera ambil bohlam 100w yang selalu ada dalam perlengkapan untuk membuang sisa muatan listrik yang ada di kapasitor.



tempelkan ujung-ujung kabel ke masing-masing kutub kapasitor, dan byar,,,, bohlam menyala sesaat kemudian padam, pertanda muatan yang ada di kapasitor telah kosong.
     Langkah berikutnya pengecekan pada bagian power supply, dan perhatian langsung tertuju pada ic STR W6753, tempelkan ujung solder ke kaki-kaki ic dan sedot dengan penyedot timah. satu persatu kaki IC str telah bersih dari timah. selanjutnya lepaskan baut pada pendingin str dan ambil str. ganti STR dengan yang baru. solder dengan hati-hati kaki-kakinya, lalu baut kembali.
     Selesai dilakukan penggantian IC str, langkah selanjutnya coba pasang kembali mesin tv. Colokkan kabel power ke colokan PLN dan pencet tombol power, terlihat lampu led telah menyala merah, pencet tombol P+ nampak led berubah menjadi hijau, dalam hati berharap akan lancar, namum harapan tinggallah harapan, ternyata lampu kembali merah alias standby,
     Pemeriksaan pun dilanjutkan dengan pengecekan solderan. setelah dilakukan pencermatan, ternyata ditemukan beberapa titik solderan retak, dan bahkan beberapa komponen nampak seperti terlepas bila di pegang dengan jari. Penyolderan ulang pun dilakukan dibeberapa titik tadi, dan juga di titik-titik yang rawan panas seperti di bagian horisontal dan vertikal.
Setelah selesai resoldering, uji coba ke dua pun dilakukan, dan alhamdulillah kali ini sudah tidak ada kendala lagi, lampu led hijau tidak kembali merah, tapi diikuti dengan munculnya gambar dan suara.




     Setelah dicoba beberapa saat tidak ada masalah, selanjutnya pasang kembali tutup belakang tv.

     Demikian langkah saya dalam menangani panggilan service tv sharp 14a20ms yang rusak dengan keluhan mati total, dan mohon maaf karena keterbatasan waktu tidak sempat menulis bagian-bagian dari tv ini, dan hanya sempat mengambil gambarnya saja. mudah-mudahan bermanfaat.
sumber: https://006service.blogspot.com/2015/10/tv-sharp-14a20ms-mati-total.html


17. Televisi Sharp Picolo matot ( Mati Total )
     Memperbaiki Televisi Sharp Picollo Mati Total



     Televisi ini masih tergolong model baru, namun entah kenapa sudah mengalami masalah yaitu mati total. Tidak ada tanda hidup sama sekali, lampu led mati, di pencet power di remote maupun p+ di panel tidak ada reaksi sama sekali.
     Pertama-tama buka baut pengikat tutup belakang televisi menggunakan obeng, ada beberapa baut yang harus di buka, setelah semua terlepas tarik ke belakang tutup televisi.



     Gambar di atas adalah penampakan dalam televisi sharp picollo yang telah di buka tutup belakangnya.  Selanjutnya buang sisa muatan listrik yang kemungkinan masih tersisa di tabung. caranya dengan menggunakan kabel probe multi tester. ujung probe yang besar di selipkan/dihubungkan ke ground dan ujung satunya di selipkan di karet tutup tudung anoda.
     Setelah yakin tidak ada lagi sisa muatan listrik, lepas kabel-kabel yang menempel di mesin tv dan selanjutnya tarik keluar mesin tv, untuk dilakukan pengecekan.



Tampak atas mesin tv sharp picollo



Tampak bawah mesin tv sharp picollo




     Televisi ini menggunakan 1 ic utama IXC927WJZZQ yang sudah berjenis SMD ( Ic yang menempel pada body mesin),
     Berikutnya, lepas transistor horisontal untuk di lakukan pengecekan.setelah dilakukan pengecekan ternyata transistor horisontal masih dalam keadaan bagus. Langkah selanjutnya cek tegangan keluaran dari power supply tanpa menggunakan transistor horisontal. Hasil pengukuran tegangan di dapati tegangan keluaran sangat drop, jauh dari keadaan standby yang juga dibuat drop oleh sistem.  Kecurigaan langsung ditujukan pada Flyback transformer, mengingat beberapa kasus tv sharp mati total juga disebabkan jebolnya Flyback.
     Selanjutnya ambil penyedot timah untuk membuka flyback, untuk dilakukan pengecekan. dan inilah flyback seri JF0501-32601 yang telah di lepas dari mesin televisi.



     Setelah terlepas, lakukan pengecekan menggunakan avometer/multitester, didapati primer dan sekunder Flyback (FBT) short, ya....sesuai dengan praduga sebelumnya, penyebab matinya televisi sharp picollo ini adalah shortnya FBT. Langkha selanjutnya Tinggal melakukan penggantian FBT.
     Singkat kata, FBT pengganti telah didapat dan terpasang, namun sedikit menemui kendala saat akan melepas kabel fokus yang ada di board penguat warna.



     Nampak pada gambar diatas soket tabung tv sharp picollo tempat memasang kabel fokus, setelah dilihat-lihat tidak ditemukan pencetan untuk melepas kabel fokus seperti biasanya, coba ditarik langsung juga susah terlepas. Setelah diamat-amati  di temukan lubang kecil di dekat kabel fokus.
     Setelah berpikir sejenak untuk mencari cara melepas kabel fokus ini, akhirnya ditemukanlah cara melepas kabel fokus ini. Alat yang digunakan ternyata cukup sederhana, dan kabel fokuspun mudah di lepas. Alatnya adalah jarum. disini saya menggunakan bekas jarum suntik untuk melepaskan kabel fokus tersebut.



     Setelah berhasil melepas kabel fokus dari soket tabung, dan menggantinya dengan yang baru, langkah selanjutnya adalah memasang kembali transistor horisontal, kabel-kabel dan memasang mesin televisi ke tabung untuk dilakukan uji coba.


   
     Dari hasil uji coba televisi sharp picollo yang mati total akhirnya dapat menyala dengan normal kembali.

Sekian, semoga bermanfaat.


18. TV Sharp QVISION MATOT ( Mati Total )
Televisi sharp model lama Qvision dalam keadaan mati total, jika kinyalakan listrik turun (Konslet)



     Langkah pertama adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti obeng,solder,timah,sedotan timah,multi tester, dan lain-lain.
     Setelah peralatan dipersiapkan, pertama ambil obeng untuk membuka tutup belakang televisi dengan membuka beberapa baut pengikatnya, kemudian menarik tutup belakang tersebut.
dan ini adalah gambar televisi sharp qvision yang telah di buka tutup belakangnya.



     Berikutnya, cabut kabel-kabel yang terhubung ke mesin tv, untuk mengeluarkan mesin tv. tak lupa sebelumnya membuang sisa setrum yang kemungkinan masih tersisa, kemudian bersihkan mesin tv dari debu yang cukup tebal sembari melakukan pengamatan secara visual dari mesin tv tersebut.




     Dari gejala awal, pengamatan visual lebih di fokuskan ke bagian power supply, yang kemungkinan besar bermasalah, Akhirnya mata tertuju pada IC power supply yang tampak sudah retak di bodynya.



     Berikutnya ambil obeng untuk membuka baut pengikat IC power supply, dilanjutkan sedotan timah dan solder untuk melepas IC yang kelihatan sudah retak tersebut.



     Tampak pada gambar diatas IC STR G5653 yang telah berhasil di lepas dari mesin tv tersebut, selanjutnya lakukan penggantian IC tersebut dengan yang baru, tak lupa lakukan solder ulang di beberapa titik yang rawan retak,
     Setelah STR terpasang dan di baut kembali, berikutnya pasang kembali mesin tv ke tabung untuk dilakukan uji coba. Alhamdulillah, televisi sharp qvision akhirnya keluar gambar.



     Demikian langkah-langkah untuk mengatasi tv sharp qvision yang dalam kondisi mati total, semoga dapat bermanfaat. terima kasih.
sumber: https://006service.blogspot.com/2017/10/tv-sharp-qvision-matot-mati-total.html

19. Cara servise tv sharp alexander mati total.


Tv sharp alexander 21 inch.

Lagi-lagi tv sharp alexander 21 inch dimeja kerjaku, minggu-minggu ini tidak sedikit tv jenis tersebut yang mengalami problem. Mungkin lagi kebetulan atau memang waktunya pada rusak.
kemarin-kemarin problemnya pada gambar, tapi yang ini malah mati total.

Langsung saja tv saya tangani , karena problemnya mati total sudah semestinya yang pertama diubek bagian power suplynya dulu memastikan regulator sudah bekerja atau belum, benar dugaan awal regulator bermasalah.
mulai ketemu biangnya satu persatu disini dari output ic STR yang ke pin Colektor trafo bagian primer tegangan(-) hilang, lalu open yang ke beban  sedot dulu memastikan STR masih bagus atau tidak. Setelah pengecekkan STR ternyata memang sudah rusak.
Sebelum penggantian ic str saya lakukan pengetesan sementara dulu untuk mengetahui area beban masih ada masalah atau tidak.

Pengetesan sementarapun saya percepat dengan kit reg gacun setelah str saya angkat dulu dari tempatnya , teg pun langsung hilang.
Weh...weh..ada lagi sibiang keroknya nih...batinku.
Ternyata siDioda RU 4A  pada bagian B+ sekunder yang short. Kemudian dioda diangkat dari tempatnya sebelum penggantian dioda sekalian open dulu elco filternya  lalu pada katoda dipcb bekas dioda yang diangkat tadi ukur resistansi terhadap ground jika masih short jangan lakukan penggantian dioda dulu jika tidak maka dioda akan putus dan putus lagi, telusuri sampai Tr hosisontalnya lakukan penggantian jika short. Setelah dipastikan beban B+ tidak short lagi barulah aman melakukan penggantian diodanya tadi dan elco filter saya pasang lagi dan coba test tvnya kembali.
Colokkan kabel power kestop kontak mak....Clep!,.....ndhutt!......byaaaarr!.
Alhamdulillah.....beban semuanya sudah oke tv sudah mau byaaarr lagi, karena beban sudah oke lanjutkan perbaikan kembali lagi kepower suply tadi untuk melepas kit gacun yang untuk pengetesan tadi, Lalu lakukan penggantian STR yang rusak. sekalian elco-elco kecil pendukungnya ganti dengan yang baru.
Setelah selesai tv saya test lagi dan...byarrr!...tvpun bisa normal kembali.

Kesimpulan:
Tv yang mempunyai problem mati total diatas karena mengalami kerusakan :
(1) Power suply bagian primer yakni pada STR nya, bagian skunder pada dioda RU 4A untuk B+ 125v nya.
(2) Pada bagian horisontal yakni Tr horisontalnya TT 2140 , TT 2190.

Catatan:
*Jika Ic str rusak atau dioda RU untuk B+nya short sebaiknya jangan langsung diganti sebelum memeriksa sumber masalahnya dan memastikan area beban benar-benar aman.

Alhamdulillah.....akhirnya cepat kelar tugasku hari ini,.....kalau rejeki tak akan kemana.

Untuk problem tv sharp alexander yang lainnya dapat dilihat dihalaman ini.
sumber: https://zenntronic.blogspot.com/2014/12/cara-servise-tv-sharp-alexander-mati.html


20. Servise tv sharp alexander slim 29" mati total.


Model tv sharp alexander 29AXS250E3. Dengan komponen diantaranya:
* Ic reg.power menggunakan STR W6556A.
* Tr hor. C6090.
* Fbt bsc 29-0152 K.
Setelah tutup belakang tv dibuka pembersihan chasisnya dari debu yang menempel, lalu pengecekan secara visual dulu dilakukkan, darisini sudah mendapatkan tanda ketidakberesan pada area regulator power suplaynya, yakni pada komponen-komponen antara lain ; IC STR, dan komponen pendukungnya diantaranya C706/22uf/50v, C707/821K/1kv, R717/100k ohm. komponen-komponen tersebut secara visual sudah menunjukkan kerusakan dan setelah ditest ternyata memang sudah rusak.

Setelah dilakukan penggantian komponen yang rusak tadi tv lalu dites untuk melihat responnya alhasil regulatornya sudah normal kembali.
Akan tetapi tidak sampai disini tv bisa hidup atau keluar gambarnya, weleh..weleh..ternyata ada bonus tambahan lagi nih.
Setelah penelusuran tingkat lanjut ternyata ic LV 7980 pada pcb CRT rusak dan setelah ic tersebut diganti gambar tv pun nongol juga akhirnya...mak..byarrr!.

Setting semua Channel sudah masuk, dan masuk servise mode ternyata parameter belum berubah berarti tidak masalah pada programnya.
Dan sebelum cover belakang tv saya tutup dan pasang kembali saya pastikan semua titik B+ dalam keadaan normal.
didapati semua titik b+ oke-oke saja, cover pun saya pasang kembali dan test tv agak lama sampai empunya datang mengambil tvnya.

Alhamdulillah....cepat kelar kerjaan hari ini. Kalau rejeki tak akan kemana.

Problem tv sharp model lain dapat diLihat disini..


Gbr.tv sharp alexander 29 inch.

sumber: https://zenntronic.blogspot.com/2015/03/servise-tv-sharp-alexander-slim-29-mati.html


21. Sharp alexander 29" mati total.



Tv sharp alexander 29" dengan problem awal yakni:
* Ketika tv coba dihidupkan dengan menekan tombol pada panel depan tv tanpa reaksi sama sekali dan indicator led juga tidak hidup alias mati total.

Dugaan sementara kerusakan:
* Kerusakan terjadi pada bagian
 regulator power suply.

Pemeriksaan dan penelusuran :
Memeriksa dan menelusuri untuk mencari biangnya langsung saja difokuskan pada area regulator power suply dan sekitarnya.
Pengukuran pertama pada teg B+ 300volt pada bagian ini sudah keluar tegangan kisaran 270an  volt, ini sementara dianggap normal .
selanjutnya pengukuran pada output STR W6556. teg belum keluar, berarti Ic power belum bekerja (off) atau memang ic kemungkinan telah mengalami kerusakan.
Tanda-tanda bagian regulator power suply belum bekerja salah satunya yakni
jika tv dimatikan pada elco besar 300v masih menyimpan muatan. maka harus berhati-hati dan buang muatan terlebih dahulu sebelum melanjutkan pemeriksaan pada bagian ic STR dan sekitarnya.
Jika tidak atau lupa membuang muatan maka siap-siap dikagetkan oleh sengatan arus yang cukup lumayan mantabnya,...njegraakk !!!.

Sering menangani problem power suply tv sharp seperti ini,
Setelah elco besar benar-benar aman dari muatan,
Maka penanganan berikutnya ngalir saja langsung sedot dan angkat ic STR W6556 lalu sebelum mengganti terlebih dahulu memeriksa semua komponen pendukung ic regulator harus dalam keadaan oke semua.
Kemudian jika dirasa komponen pendukung sudah oke dan aman barulah dilanjutkan dengan penggantian IC STR.
Dan giliran saatnya mencoba hidupkan tv untuk mengetahui hasilnya,... dan benar ternyata memang tidak sia-sia , lampu indicator led langsung nyala!.
Lanjutkan start P+ layar tv langsung mak...byaarrrr!!...  langsung lega perasaan.

Solusi:
Problem seperti diatas dapat teratasi hanya dengan pemeriksaan bagian regulator power suply dan mengganti IC STR. tv sudah bisa normal kembali.

Alhamdulillah... sudah kelar bisa lanjut yang lainnya.
Kalau rejeki tak akan kemana...
sumber: https://zenntronic.blogspot.com/2016/06/sharp-alexander-29-mati-total_17.html


22. Mati Total pada Televisi SHARP WONDER atau yang sejenis



Televisi mati total .... ? itu sih gampang. Paling IC / TR Regulatornya yang jebol, bonus nya  sekring atau resistor batu yang putus. Kecil bos .... !

Eit .... ! tunggu dulu, ini TV SHARP  tuan,  bisa saja gejala mati total tersebut adalah bagian dari sistem proteksi nya yang sangat canggih.

Umumnya, sistem proteksi pada TV SHARP menggunakan lampu STANDBY nya sebagai indikasi terjadinya gangguan pada sistem firmware atau pun kerusakan pada komponennya. Tetapi bila gangguan yang dialaminya sangat serius dan bisa berakibat fatal, sistem proteksi pada TV SHARP tersebut akan memutuskan seluruh aliran tegangan, dan mematikan TV secara total.

Berdasarkan pengalaman penulis. Berikut langkah-langkah yang ditempuh untuk mengetahui apa yang menyebabkan TV SHARP WONDER atau yang sejenis mati secara total.

   1.
Cek kabel yang menghubungkan TV dengan Setop kontak, hal ini jangan dianggap sepele, apalagi kalau steker pada kabel tersebut sudah diganti dengan steker yang bisa dibongkar pasang. Pernah dialami penulis  saat memperbaiki TV yang mati total, semua komponen pada rangkaian regolatur sudah diperiksa tapi tidak satu pun ditemukan adanya komponen yang rusak. Setelah  kabel listriknya di cabut dari PCB TV dan dicek Tegangan nya, ternyata penyebabnya hanya gara-gara  terlepas nya salah satu kabel pada steker bongkar pasang tersebut.


2. 

Periksa sekring ( F 701 ) kalau putus, periksa  IC 701 ( STR F 6654 ) . Blia F 701 putus  ada kemungkinan IC tersebut jebol, ganti dahulu dengan yang baru.

Bila ternyata TV hidup, tapi  terjadi penyempitan pada sisi kiri dan kanan layar, disertai gambar yang bergoyang ketika volume suaranya di keraskan. Periksa R 710 dan R 711 ( keduanya berukuran 0,33 Ohm /  1 Watt  ) , mungkin salah satu diantaranya  ada yang putus. Karena kedua resistor ini di pasang secara paralel, maka sebaiknya dilepas dahulu sebelum di periksa.



  3.   

Setelah IC 701 diganti, tapi masih belum ada tanda-tanda kehidupan. Ukur hambatan R 723 ( 680 k Ohm ), kalau putus ganti dengan yang baru.





  4. 

Masih belum mau hidup juga ... ? sekarang periksa Dioda Zener D 710 dan D 716, kedua dioda ini biasanya Short juga bila IC 701 jebol. Jika D 710 dan D716 tidak apa-apa, periksa kondisi Q 710 ( C 4517 ).





Sebenarnya masih banyak lagi bagian Regulator yang perlu di telusuri , guna melacak keberadaan komponen yang berma salah. Tapi kita batasi saja sampai di sini dulu ( Karena terbatasnya tempat dan  juga keterbatasan Ilmu ),  kita anggap saja bukan rangkaian Regulator yang menjadi penyebab mati total nya TV.

Sebelum pemeriksaan di lanjutkan pada bagian lainnya, kita rapi kan dahulu rangkaian Regulator yang sudah kita acak acak tadi. Kalau ada komponen yang dilepas, sebaiknya di pasang kembali seperti semula.


  5. 

 Sekarang kita beralih ke bagian lainnya, coba lepaskan D 762 dari papan PCB TV.



Bila pada tahap ini ternyata TV bisa hidup, berarti IC 801 ( TDA 9381 - IX 3410 ) sudah tidak berfungsi lagi dengan baik. Bukan D 762 yang kita cabut tadi.



Agar lebih yakin, tunggu beberapa saat. Biasanya setelah beberapa menit dihidupkan, TV akan mati Stanby dan hidup kembali dengan sendirinya.
Untuk melakukan penggantian, usahakan menggunakan IC yang sama tipe nya. Tapi bila mengalami kesulitan untuk mendapatkannya, bisa diganti dengan tipe TDA 9381 - IX 3412.



Sebenarnya masih banyak hal yang dapat menyebabkan  TV SHARP mati secara total, tapi pengalaman penulis hanya sebatas itu saja. Bila pada langkah-langkah di atas sudah dicoba tapi tidak membuahkan hasil, jangan menyerah, asal tekun dan sabar pasti pada akhirnya anda temukan juga solusi nya.


 DEMIKIAN, SEMOGA ADA MANFAATNYA



Artikel lainnya:

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Data Pin Flyback Tv Tabung Sharp dan Persamaannya

Parameter Service Mode Tv Tabung Sharp

Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Indikator Merah Kedip-kedip