Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Nyala Beberapa Saat lalu Mati Total

1. Problem Tv SHARP C-14V20MS


                Siang tadi dapet panggilan service tv ke Ds.Jonggrang,sumber agung Kec.Barat Magetan,di rumahnya P.Mudjiman,memperbaiki tv SHARP type C-14V20MS dengan kerusakan tv tidak bisa bertahan lama hidup,jadi setiap 5 menit atau 15 menit pasti mati total bukan standby.Karena tv tergolong baru saya berpikir mungkin hanya kondisi solderan aja yang mulai memburuk sehingga tegangan tidak stabil,lalu saya solder ulang di bagian yang rentan panas seperti di bagian regulator,horizontal,vertical dan juga blok RGB.
                Kemudian saya coba tes dan berhasil(pikir saya)kemudian tv pun saya tutup dengan casing box belakang dan saya coba nyalakan lagi dan menunggu reaksinya,5 menit 10 menit terlampaui menginjak 15 menit tv MAK PET alias mati total tanpa nyala led indikatornya,coba dihidupin lagi nggak bisa,harus menunggu 1 sampai 2 menit baru bisa di hidupin lagi dan begitu seterusnya berulang-ulang.Ketika tv mati lagi saya cek panas pada TR horizontal TT2140 dan STR W6753 bukan main panasnya,di atas normal.
               Kemungkinan karena panas yang berlebihan inilah yang menyebabkan STR W6753 menjadi drop,akhirnya supply tegangan terhenti yang mengakibatkan tv jadi mati total,akhirnya saya ganti saja STR W6753 dengan yang baru,dan tak lupa saya tambahkan sedikit heatsink lagi pada heatsink utama untuk sempurnanya pembuangan panas yang berlebihan,karena menurut saya heatsink utama pada STR W6753 ini terlalu kecil sehingga kurang optimal membuang panas.
              Untuk TR TT2140 saya ganti dengan D1651 yang lebih tahan panas,juga heatsinknya saya ganti dengan yang lebih besar lagi.Setelah itu tv pun saya tes lagi dalam keadaan tertutup lengkap dengan casing belakangnya,1 jam 2 jam 3 jam 4 jam nonstop tv pun sudah tidak rewel lagi,ya moga-moga aja awet sampai seterusnya,semoga bermanfaat terima kasih dan tetap semangat



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

sumber: https://aisy-romadhona.blogspot.com/2009/03/problem-tv-sharp-c-14v20ms.html


2. Kerusakan TV SHARP PICCOLO 21 inch Jika tv Di ON lampu lad nyala sesaat lalu mati total tapi tegangan semua normal
Kerusakan TV SHARP PICCOLO 21 inch
Jika tv Di ON lampu lad nyala sesaat lalu mati total tapi tegangan semua normal





TV shar Piccolo 21 inch
Gejala : jika tv di on. lampu led nyala sesaat lalu mati total tapi teg B+ normal

dari hasil pengecekan yang saya lakukan mulai dari teg B+ 125v, teg regulator 14v  dan 5v semua Normal
saya coba open pin 4 ic regulator PQ09RDA untuk memakasa tv hidup.. tapi hasil gagal. saya coba open pin 3 ic regilatornya yaitu pin Ground.. terlihat lampu let sudah menyala
tapi TV belum bisa start

kemudian saya coba ganti ic regulator dengan yang baru.. lagi lagi hasilnya gagal
kemudian saya coba chek semua elko di bagian ic SMD  nya  ternyata banyak elko yang kering dan ada juga yang sudah mati .. utuk lebih jelasnya .. coba perhatikan gambar di bawah ini



Dari hasil pengecekan saya temukan
C353 = 50v/4.7uf, C3527 = 50v/2.2uf, C1005 =50v/2.2uf, C827 =16v/10uf dan C206 = 50v/10uf
elko tersebut semua sudah sekarat.. hehehhe







lokasi elko tersebut




gambar di bawah ini adalah PCB bagian Bawah




Setelah penggantian semua elko tersebut.. saya coba hidupkan tv... jrengggg.. tv langsung nyala dan langsung start, kemudian sy off kan lagi saya coba pasang semua soket kabel TV yang belum terpasang termasuk kabel sound speakernya.. kemudian TV saya hidupkan lagi .. ternyata tv sudah sembuh total...

jika ada pertanyaan atau masukan.. silahkan berkomentar di kolom bawah... mudah - mudahan bisa bermamfaat bagi pemula..  dan salam sukses
sumber: http://muaslanelektronik.blogspot.com/2016/04/kerusakan-tv-sharp-piccolo-21-inch-jika.html


3. Sharp dengan STR-W6753 mati sendiri

Beberapa kali kami telah menjumpai kerusakan pada bagian power suply Sharp yang menggunakan STR-W6753 dengan tanda-tanda :

  • Stand by normal.
  • Ketika sedang menyala normal - kadang pesawat mati sendiri dan kalau diperiksa tegangan B+ nol (lampu stand-by mati)
  • Kemudian kalau colokan listrik dicabut – terus dipasang kembali – pesawat dapat hidup normal kembali – tapi segera kerusakan akan terulang

Gejala-gejala lain yang mungkin ditunjukkan, tapi sebenarnya penyebab adalah sama :

  • Pesawat mati (atau cepat matinya) saat gambar menampilkan gambar dengan britnes yang terang
  • Pesawat segera mati jika tegangan screen dibesarkan
  • Stand by normal – begitu power di-on-kan (atau ketika horisontal mulai start kerja) – pesawat langsung mati

Solusi :

  • Kerusakan disebabkan karena kualitas STR-W6753 yang mulai drops. Maka solusi terbaik adalah segera mengganti STR.
  • Pada kerusakan yang masih ringan, dimana pesawat akan mati hanya jika britnes gambar terlalu terang. Atau waktu matinya cukup lama setelah dihidupkan. Maka kadang masih dapat diselesaikan dengan cara mengecilkan nilai resistor yang berhubungan dengan pin-3 STR ke ground (nilai biasanya nol koma....)


**************************************

Cak David :
siiip boss, aku nah ngalami juga tapi pada thosiba 29 inc

sumber: http://marsonotv.blogspot.com/2011/05/sharp-dengan-str-w6753-mati-sendiri.html


4. Sharp dengan STR_W6754 setelah 2 jam mati total

KASUS :

  • Dapat operan dari teknisi.
  • Sharp 21” flat biasa dengan power supply STR-W6754
  • Problem setelah dihidupkan sekitar 2 jam – mati total dan led merah tidak nyala.


SOLUSI :

  • Biasanya problem seperti ini disebabkan STR-W6754 (STRW6753) minta diganti.
  • Cek secara visual STRW, Photocoupler, SE-130, elko dan dua buah resistor 1 watt dengan nilai dibawah 1 ohm yang terpasang parallel – semuanya sudah diganti dengan baru.
  • Saat melakukan cek visual – mata secara sekilas melihat R704 (hubungan dengan kaki pin-7 STRW) menarik perhatian karena warna agak lain dan kode warna seperti sudah luntur.
  • Cek pakai ohm meter masih nyambung dengan nilai sekitar 500 ohm.
  • Untuk “memastikan”……..”buka skematik diagram…..dan ternyata nilai aslinya hanya 100 ohm
  • Setelah penggantian resistor…..running test 2 jam…3 jam…….4 jam…..tidak mati juga.




Memang kadang dalam reparasi ini kita dapat menemukan langsung kerusakan hanya dengan “visual cek” secara teliti. Tidak memerlukan analisa atau “mikir” yang melelahkan.

  • Misalnya ada elko gembung, solderan retak, solderan yang over heat , komponen yg over heat atau gosong, , adanya kotoran pada board sisi atas.
  • Pemakain bantuan lampu penerangan (lampu duduk), kaca pembesar sangat membantu dalam melakukan visual cek.
  • Bagi yang sudah ber-umur kalau sudah memerlukan kacamata – jangan dipaksakan. Beli aja kaca “mata baca” yang harganya murah meriah. Saya ada lokasi 3 tempat bekerja – masing masih saya taruh sebuah kaca mata dan sebuah sebagai cadangan didalam tas.
sumber: http://marsonotv.blogspot.com/2014/08/sharp-dengan-strw6754-setelah-2-jam.html

5. TV SHARP 51V20MS HIDUP SEBENTAR LALU MATI TOTAL
Job untuk hari ini adalah tv Sharp dengan type 51V20MS.Tv mempunyai gejala kalau di hidupkan sekitar beberapa menit kemudian mati total.Lampu led standby tidak menyala sama sekali.Hal ini menandakan bahwa rangkaian swtching (smps) tidak bekerja setelah panas.Perlu di ketahui power suply menggunakan Ic STR W6753.Seperti kasus sebelumnya STR w6753 sering sekali mengalami kerusakkan seperti itu yakni mau hidup sebentar  selanjutnya mati total power supply tidak bekerja.STR di ganti dengan yang baru sudah pasti tv normal kembali.Akan tetapi gimana seandainya kita nyari-nyari STR kemana-mana tidak ketemu juga,Gunakan saja Astello swtching modul universal djamin tv normal kembali dan juga awet
sumber: http://gbrelektronik.blogspot.com/2010/11/tv-sharp-51v20ms-hidup-sebentar-lalu.html


6. Televisi Sharp Gambar Bagus Tapi Suka Mati Sendiri
Diagnosa

Televisi kita hidupkan ? semuanya berfungsi dengan baik, akan tetapi berselang beberapa menit setelah hidup Televisi kembali mati. Kita coba untuk menghidupkan kembali Televisi hasilnya tetap sama, Televisi kembali mati.

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki .

Berikut ini awal kejadian yang tampak sebelum Televisi mati, gambar di layar monitor tampak besar-kecil. Sekilas seperti tegangan yang tidak stabil. Dari sini bisa kita simpulkan kerusakan ada pada bagian Power Supply-nya. Di mainboard ini memakai IC STR W6753, yang memang sering mengalami masalah . Banyak kasus kita temukan memang terjadi kerusakan pada IC ini , Secara fisik kalau kita lihat, bagus-bagus saja.

Mungkin rangkaian di dalam IC tersebut, yang membuatnya menjadi bermasalah. Berikut gambar power supply Televisi Sharp:



Dalam gambar IC STR W6753 sudah kita cabut dari mainboard-nya, IC pengganti untuk kasus kali ini kita menggunakan seri STR W6754. Selama ini kita selalu menggunakan model ini sebagai pengganti IC STR W6753 . Jarang mengalami trouble bila kita aplikasikan di berbagai merk mainboard Televisi, dimana menggunakan jenis IC STR W6753 pada power supply unitnya.

Jadi untuk komponen lain pada power supply tidak mengalami kerusakan, IC STR W6753 inilah yang membuat Televisi suka mati sendiri. Setelah kita ganti IC dengan type STR W6754 , Alhamdulillah televisi sudah baik kembali.
sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-sharp-gambar-bagus-tapi-suka-mati-sendiri/

7. Sharp Mati Sendiri Model 51X52MS
Beberapa waktu lalu dijumpai sebuah televisi 21 inch merk sharp dengan keluhan sering mati sendiri bila dinyalakan satu jam, kadang dua jam atau tiga  jam baru mati. Dalam kasus ini tv mati adalah mati total tanpa indikator led merah menyala, jadi bukan mati standby. Namun bila saklar on off dimatikan dan ditunggu sekitar 1 menit kemudian dinyalakan televisi dapat menyala normal kembali. Dan kembali berulang mati total jika sudah 1 jam atau lebih.




Penelusuran saya lakukan di pengecekan dielko power supply dan di regulator sekunder, banyak ditemukan elko berukuan 100uf25v dan 47uf16v yang sudah membesar nilai esrnya. Setelah resolder dan penggantian part, coba running test, namun belum membuahkan hasil. Yaitu jika sudah satu jam lebih mati total.

Akhir penelusuran kesana kesini akhirnya saya mencoba ganti part di primer psu yaitu STR w6753 dengan str baru.


Gbr STR yang rusak

Alhasil televisi ditest 3 jam lebih tanpa mengalami mati sendiri.
Dan saya simpulkan kemungkinan str sudah tidak tahan panas dan tegangan frekuensi yg begitu tinggi.
sumber: https://electoro.blogspot.com/2014/12/sharp-51x52ms-sering-mati-sendiri.html


8. Perbaikan tv sharp sering mati sendiri.
Tv sharp layar datar type 21PXF500 atau sejenisnya yang power suply-nya menggunakan IC STR W6754, sering mengalami kerusakan tiba-tiba mati sendiri, dari banyaknya pasien yang saya tangani problem tv tiba-tiba mati sendiri seperti ini,seolah-olah menjadi problem yang umum pada tv model ini terutama yang menggunakan str seperti disebutkan diatas.


tv sharp 21pxf500

Kerusakan tv yang kadang mati sendiri seperti yang disebutkan, salah satunya karena ketidak normalan dari ic str itu sendiri atau dari komponen-komponen pendukungnya, misal terjadi kerusakan pada komponen pendukung IC str w6754. antara lain dua buah elco C706=22uf/35v. dan C709=1uf/25v.
Kemudian yang lainnya dekat ic memori yakni C1003. juga pada C462=47uf/25v.ini juga sering saya temui kerusakan pada komponen tersebut.

Pada tv sharp yang sedang saya tangani ini, kebetulan tidak sampai mengganti ic str melainkan hanya mengganti komponen pendukungnya tv sharp tersebut sudah bisa normal kembali.
Tapi pada tv sejenis yang pernah saya tangani dalam kerusakan yang sama tidak jarang pula mengganti ic str w6754.
Untuk tv yang saya tangani ini, mungkin saya lagi beruntung karena tidak harus mengganti ic str.tv sudah bisa normal dan tidak mati-mati dengan sendirinya lagi.
Alhamdulillah......kalau sudah rejeki tak akan kemana.
sumber: https://zenntronic.blogspot.com/2014/10/perbaikan-tv-sharp-sering-mati-sendiri.html


9. Tv Sharp Alexander tiba-tiba mati sendiri.


zenntronic/sharp alexander 21PXF500.

Tv Sharp Alexander type 21PXF500. Hari ini gantian pingin naik kemeja kerjaku seperti pada gambar diatas, untuk power suplay-nya tv ini menggunakan STR W6754. FBT-nya JF0501-3260l, tv tersebut mempunyai keluhan siempunya tv yakni saat sedang distel tv tiba-tiba mati sendiri. setelah itu tv tidak bisa dihidupkan lagi alias mati total.

Perbaikan tv sharp sebelum ini type 51DXF200. dapat di baca disini.

Beda keluhannya dengan tv sharp yang sedang saya tangani ikuti jalan ceritanya dibawah ini.
tutup belakang tv saya bongkar untuk melakukan pemeriksaan , bermodal keluhan dari empunya tv tadi, fillingku juga langsung mengarah kebagian power suply dalam pemeriksaannya. Disini satu komponen terlihat ketidak beresan pada fisik elco kecil yakni pada C709=1uf/50v dalam keadaan aus ,  juga sebuah resistor yang nilainya molor karena panas pada area power suplynya.
Lalu pemeriksaan dilanjutkan kebagian-semua filter untuk  B+nya.
satu lagi ketangkap C829=47uf/16v.

Setelah penggantian komponen yang dicurigai dan yang memang sudah rusak tadi, sekarang tinggal melakukan pengetesan dulu tvnya, sambil melihat hasilnya.
steaker saya colokkan kejala-jala listrik PLN...mak clep!,...pencet tombol power mak klek!....lalu coba distart P+ mak klik!...tvpun merespon mak ndhut!....dibarengi suara Craak!...Byaaarr....layarpun terbuka.
raster bermunculan seperti semut sedang berebut gula, melihat bagaimana hasil gambarnya saya colokkan kabel antena ke tempatnya mak...clep!,...gambarpun sudah nongol normal kembali.



 Sharp alexander

Alhamdulillah........cepat kelar kerjaanku hari ini,.....kalau sudah rejeki tak akan kemana.
sumber: https://zenntronic.blogspot.com/2014/10/tv-sharp-alexander-tiba-tiba-mati.html


10. Penyakitnya tuh disini Sharp alexander mati sendiri.


tv sharp alexander pro.

Tv ini power suply regulatornya memakai ic STR 6754,problem yang sering terjadi
pada tv jenis ini dari yang sudah saya
tangani penyakitnya "tuh disini" yakni sering mati sendiri. dengan gejala penyebab ketika tv sebelum mati antara lain:

* tv mati sendiri ketika dioperasikan atau    tv distel dengan level volume keras.
* tv mati sendiri ketika hidup dengan
   brightnes dan contras tinggi.
* tv mati lagi ketika baru distel, dll

Problem-problem tersebut yang sering karena bermasalah pada IC STR nya yang mulai turun karakteristiknya atau bisa jadi disebabkan komponen pendukungnya yang sudah mulai aus pada elconya dan berubahnya nilai pada resistornya.
Maka yang perlu diubek bagian ini dulu setelah beres coba stel tv dulu untuk melihat hasil nya, yang saya alami hanya ubek bagian ini masalah sudah teratasi.

Seperti biasa sebelum memeriksa area ic str hal yang perlu dilakukan adalah membuang muatan pada Elco utama atau yang paling besar untuk teg.300v nya, pada elco pastikan tidak ada sisa muatan. tindakan ini untuk safety baik itu untuk orang yang melakukan perbaikan juga menjaga kerusakan komponen lain jika terjadi short teg.300volt dari sisa muatan yang mungkin masih tersimpan pada elco besar tadi. Lakukan pembuangan muatan dengan baik kalau bisa jangan dishortkan misal dengan obeng, mata solder karena bisa menimbulkan masalah baru. Karena tujuan servise salah satunya mencari masalahnya kalau sudah ketemu yah memperbaikinya.

jika tv awalnya masih bisa hidup tapi sering mati sendiri. Coba periksa dulu kedua elco kecil pada ic str kalau ambil cepatnya ganti saja dengan yang bagus sesuai nilainya. lalu ganti resistor yang ke ground sesuai nilai jangan diperbesar nilainya jika diperkecil malah bisa dengan catatan ic str masih pakai yang lama atau belum diganti baru. Jika str sudah diganti baru penggantian komponen pendukung usahakan dengan nilai yang sama.
cek atau ganti resiator pada pin optocouple untuk jalur feedbacknya.
Sampai sini dulu coba test tv dihidupkan dulu dan amati hasilnya. Cek semua B+ jika B+ normal dan tv belum sembuh maka harus mengganti IC STR.

Seperti tv sharp pada gambar diatas problemnya sering mati sendiri jika tv distel dalam level volume besar atau keras.
Adapun perbaikan yang telah dilakukan yakni antara lain dengan:
* Penggantian ic STR W6754.
* Ganti 2 elco.
* Ganti resistor yang keground, dan juga    R pada  jalur feedback.

Dengan perbaikan tv sharp ini sudah normal kembali dan tidak mati-mati sendiri lagi.
Alhamdulillah....cepat kelar kerjaanku karena hari ini kerjaan yang lain masih mengantri.

Problem tv sharp sebelumnya pada postingan terdahulu lihat ini.
sumber: https://zenntronic.blogspot.com/2014/12/penyakitnya-tuh-disini-sharp-alexander.html



Artikel lainnya:

Comments

  1. Gini pak sy punya dikasih bos sharp aquos 40-54 inch jadi klo powernya dinyalain on tv nyala langsung mati itubapanya ya? Trus layarnya tv sdh pada ngelupas kira harga layar tv led merk sharp aquos yg bekas berapa & yg baru berapa? Harga layar👍🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Data Pin Flyback Tv Tabung Sharp dan Persamaannya

Parameter Service Mode Tv Tabung Sharp

Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Indikator Merah Kedip-kedip