Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Hidup Sebentar Lalu Mati Standby

1. tv sharp slim piccolo kadang kadang mati sendiri
keruksakan tv ketika kita nyalain mati sendiri dan matinya tidak mengenal waktu entah sudah dua jam entah baru sebentar hidupdan kadang seharian nonton baru mati standbay ketika sudah mati tv di on kan lagi hidup kembali cuma waktu matinya semakin cepat dari sebelumnya keruksakan seperti ini banyak para teknisi sedikit pusing dibuatnya kenapa tidak ketika dilakukan pengukuran semua tegangan normal keruksakan seperti ini diakibatkan STR W 6553 A setengah konslet ganti langsung dengan yang baru dan ketika melakukan penggantian ic str ganti sekalian elco power suplay yang berdekatan dengan ic tersebut yang bernilai 0,1uf/50v dan 22uf/35 agar tidak terjadi problem dikemudian hari... semoga bermanfaat!!!!
sumber: https://vaninurfa.blogspot.com/2013/02/tv-sharp-slim-piccolo-kadang-kadang.html


2. mengatasi keruksakan tv sharp piccolo part 2
Setelah kemarin disibukan dengan sharp piccolo 21 inc  model 21 ES 353 E2 kini datang lagi piccolo dengan keruksakan yang sama yaitu tv mati sendiri dalam kurun waktu tertentu baik sudah 1 jam ,3 jam bahkan seharian di tonton baru mati stand by lalu saya cek semua tegangan normal dan saya coba lakukan pergantian ic STRW 6553A memandangkan ic tersebut kosong dan yang ada STRW 6554 akhirnya kulakukan pergantin karna untuk ic STRW 6553A sama dengan IC strw 6554 dan tak lupa juga elco elco di sekitaran daerah power suplaynya dibabat abis.
setelah seharian di tonton eh mati standby lagi.. dasar merepotkan ni tv rese banget yang kemarin di ganti yang ini langsung ok kok yang ini kagak dasar ni tv bandel banget guman ku, barulah dilakukann pengecekan secara seksama dan saya perhatikan setiap kali mati keluar warna dominan biru disertai garis blankking ternyata ketika tv dah seharian di tonton semakin sering pula matinya dan pas hidup kembali saya lakukan pengukuran di daerah RGB tepatnya untuk katoda warna biru dengan acuan bahwa matinya selalu ada warna dominan biru disertai blanking rupanya pas mau mati tegangan di katoda nol tak pikir panjang langsung saya lakukan reboisai dengan melakukan pergantian transistor BF 420, ok pikirku eh.. setelah dalam hitungan jam lagi lagi tv kembali mati kemudian saya hidupkan lagi dan saya cabut pcb RGB yang nempel di tabung kemudian dilakukan pengukuran tegangan di katoda B ternyata tegangannya ada. wah wah wah... sodara sodaraku sebangsa dan setanah air tegangan katodanya drof jika dah dipasang di tabung dan tegangan katoda B ini hanya nampak drofnya ketika tv dah berulang kali mati. barulah ku coba pergantian tabung slim piccolo dengan tabung tv polytron slim tv dinyalakan widih pas betul stelan v size dan h sizenya gak perlu ada yg dirubah lagi. dan setelah itu barulah dilakukan pengetesan tv dengan menyalakan tv berhari hari tv pun ok normal tanpa mati lagi.. rupanya tabungnya yang rusak mas bro.... kelar juga kerjaan !!!!
sumber: https://vaninurfa.blogspot.com/2013/02/mengatasi-keruksakan-tv-sharp-piccolo.html


3. tv sharp 21 inc model 20D-2S hidup sebentar mati lagi
tadi siang saya dapat servisan tv sharp 21 inc dng model 20D-2S dengan keruksakan tv dinyalain hidup sebentar belum muncul gambar dilayar mati lagi lalu saya matiin hidupkan kembali rupanya tetep gitu stelah kira2 1jam hidup mati hidup matiin tv orang akhirnya mulai bosan barulah ku buka dan sperti biasa dng telaten saya cek satu persatu jalur teganganya rupanya ok smua.. wah ini ICnya yg rusak memandangkan kata orang yang punya tvnya mati stelah ada petir guede buanget dengan hati hampa ingin rasanya kutinggalin rumah itu untukk pulang terus tidur blum jg sempat melangkahkan kaki orang yg punya udah datang sambil bawa makanan dan minuman sambil dia nanya 'apanya pak le yg rusak' dengan terperanjat dan muka malu akhirnya ku urungkan niat untk masang jurus langkah seribu karna liat makanan dan minuman yg disuguhkn akhirnya semagatku yg tadi memudar kini bersemi kembali ku cek tiap jalur tegangan sambil mataku trus melirik ke arah makanan yg dihidangkan.. ternyata dalam pencarianku menemukan sebuah transistor c.1815 yg tertulis dlm pcb (Q.751) modar alias mati yg kalo kt urut jalur ini akan masuk ke tegangan power suplay 8v akhirnya kerjaanku kelar juga dan sekarang tinggal makan deh hidangan c tuan rumah...
sumber: https://vaninurfa.blogspot.com/2015/11/tv-sharp-21-inc-model-20d-2s-hidup.html



Comments

Popular posts from this blog

Data Pin Flyback Tv Tabung Sharp dan Persamaannya

Parameter Service Mode Tv Tabung Sharp

Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Indikator Merah Kedip-kedip