Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Mati Standby

1. Tv SHARP Alexander Mati Standby


                    Tadi siang dapet lagi panggilan servis untuk memperbaiki tv di rumahnya bapak Dafid/ibu Harsini,Karang,Mangge,Barat,Magetan.Dengan merk SHARP jenis Alexander type 51DXF200 dengan keluhan bila di hidupkan tv tidak mau start sama sekali jadi hanya lampu led aja yang menyala terus menerus,tombol panel depan tv pun tak berfungsi dari remot apalagi! Nggak respon sama sekali.
                    Akhirnya saya bongkar itu tv,langkah awal yang saya lakukan adalah seperti biasa penyolderan ulang terlebih dahulu di semua bagian setelah itu baru pengecekan tegangan,pada tegangan B+ yang seharusnya sekitar 116V terukur 150V,tegangan untuk Audio normal sekitar 20V,sedangan tegangan untuk 14V drop tinggal 7V saja,hmm....ada apa ini?
                    Kemudian saya dapati heatsink untuk IC regulator 9V seri 090RD1 ini sangat panas sekali,juga untuk diode penyearah dan R pembatasnya juga sangat panas sekali,woow woow woow ada apa lagi ini? Awalnya saya kira IC regulator ini yang short,tetapi setelah di ganti dengan yang baru,masih tetep saja,panas dan panas,hmm...apa ya penyebabnya?
                    Akhirnya saya telusuri semua komponen yang berhubungan dengan output dari IC regulator tersebut,akhirnya saya dapati sumber permasalahan berasal dari rangkaian Stereo/Surroundnya letaknya di pinggiran PCB utama,dengan soket dan posisi berdiri,ketika PCB mungil ini saya cabut dari soketnya,tv pun bisa hidup normal,tapi bila saya pasang kembali,langsung stanby.
                   YESS akhirnya ketemu juga sumber errornya,yaitu IC jenis SMD dengan type MZ-01E,tapi sayang sekali di pasaran belum ada IC jenis ini,tanya SHARP SERVICE CENTRE MADIUN belum ada stock katanya,Haduh haduh haduh iki piye? ya udah akhirnya saya potong aja L3501 yang terhubung dengan VCC IC tersebut dan ku coba hidupkan tv,hmm...tv bisa hidup tanpa cacat gambar,dan suara juga normal tapi mono he he nggak apa-apalah yang penting kan keluarga Pak Dafid udah bisa menikmati tvnya kembali,OKEY sukses buat SEMUANYA!!!



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

sumber: https://aisy-romadhona.blogspot.com/2009/07/tvsharp-alexander-mati-stanby.html


2.  Tv Sharp AV Multi System Silver Box 20 inch Gejala Mati Standby =ic Croma SMD IXC855wj
Alhamdulillah.. Akhirnya TV ini Nyerah juga.setelah bertempur 2 jam.hehehhee///


Tv Sharp AV Multi System Silver Box 20 inch



Awalnya Gejala Matot =ic Croma SMD IXC855wj
.
Pengecekan TR hor TT2140 shot... setelah TR sy copot... tv sy on ternyata Led udah nyala,,, sy ukur teg B+ 132v tampa beban...
.

TR Hor sy pasang.. tv sy on... tapi syng led Gak berubah..nyalanya...tekan pwr di remot/ ch di panel.. led tdk bergeming tetap nyalah.. redup...
.

Chek teg 5v di panel .normal teg regulator 12v juga normal.. yg jelas tv ini mati Standby bukan mati Protek...kemudian sy coba ganti ic regulatornya 090RD1 dgn yg baru,, tapi syng,, tdk ada perubahan,,, tv masih standBy
.

sy ambil ESR ukur semua elko reg.. tapi semua sehat...akhirnya TV di geser dulu ..kerjakan tv lain...sambil mengerjakan tv lain sambil mikir kerusakan/penyebab tv tersebut gk mau start,,,

.

sangking penasaran.. TV tersebut sy geser lagi ke meja kerja... menurut analisa sy.. pasti teg 5v yg bermasalah.mungkin perlu di perbesar elkonya... tampa pikir panjang.. elko teg suplay 12v = C642=25v/47uf sy ganti dgn 25v/220uf dan elko teg 5v=C643=16v/470uf ganti dgn 16v/1000uf..
. kemudian tv sy ON..terdengar suara FBT udah bekerja,,,, Heter pun udah nyala.... Maknyusssssssssssssss...



Kesimpulan.. TV gagal start di sebab kan TEG 5v tidak terfilter dgn baik disebabkan elko filter 5v kering/kapasitasnya berkurang menyebabkan swicth on/of umpan balik ke ic Croma tdk stabil,,,,salam sukses
sumber: http://muaslanelektronik.blogspot.com/2016/03/tv-sharp-av-multi-system-silver-box-20.html


3. Tv Sharp cZar mati standby


Tv Sharp cZAR 29ZF200MSL dengan ic smd TDA12063H1/N1088 ( IC HERCULES)

Kerusakan sbb:

Pertama dihidupkan gambar dan suara normal, setelah beberapa menit timbul gejala gangguan pada audio seperti kemrotok tapi bila volume di nolkan suara kemrotokpun ikut hilang.

Semakin lama kemrotoknya semakin kencang dan muncul gangguan pada gambar ikut bergetar dan bila dibiarkan terus tv mati standby.

Sempat dibuat pusing dengan tv ini karena semua ic dipegang normal panasnya, termasuk IC audio dan IC regulator lainnya.

Setelah melalui pencarian dan pengecekan tegangan ternyata tegangan 3,3v lama kelamaan turun menjadi kurang dari 3v.
Penelusuran sumber tegangan 3,3v akhirnya tertuju pada IC SMD M2883E33 yg setelah dipegang ternyata panasnya berlebihan. Sumber tegangan IC tersebut dari sub power suply/ power suply standby 5v.

Wah mesti cari sparepart dulu nih..!!
Dan sambil berfikir akhirnya muncul ide yaitu dengan menjumper R47 OHM 2W pada in dan out IC tsb dan setelah dites beberapa menit tidak ada masalah.

Kalo memang masih ragu akan ketahanannya bisa kita ganti dengan IC regulator 3,3V model lain seperti LM7833 dengan data sbb: 1. V_IN, 2. Gnd, 3. V_OUT.
Atau dengan KA78R33 dengan data sbb: 1. V_IN, 2. V_OUT, 3. Gnd, 4. Control/NC. (beri R 150K dari V_IN)
dan pastikan IC diberi heatsink untuk menyerap panas.

Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.




sumber: https://alextro-service.blogspot.com/2012/09/tv-sharp-czar-mati-standby.html


4. Sharp 29WE300S mati standby
Sebetulnya ini postingan lama di facebook tapi mungkin saja ada yang menemukan kerusakan yang sama silahkan saja disimak.



Mungkin sebelum parahnya seperti posting diatas, tv ini bisa menyala tapi lama-lama mati standby disebabkan tegangan 12v ke Horizontal osc lama-lama drop atau makin berkurang karena TR switch Q729 sudah melemah/ berubah HFE nya.






Sekian...
sumber: https://alextro-service.blogspot.com/2016/01/sharp-29we300s-mati-standby.html

5. SHARP GREAT ALEXANDER 21GXF200MK Hidup Sebentar Lalu Mati Standby
Dapat servisan lagi tv sharp great alexander 21GXF200MK dengan kasus menyala sebentar selanjutnya standby.Setelah di lakukan pencarian tidak ada komponen yang mencurigakan kecurigaanku langsung tertuju kepada flyback.Untuk type ini menggunakan FA132WJZZ tv pun langsung normal kembali,tetapi karena flyback yang aku gunakan bukan original tegangan 24volt untuk vertikalnya ternyata hanya terukur sekitar 20 volt.Hal ini menyebabkan gambar sedikit melipat dan kurang penuh,Untuk mengejar kekurangan voltase ini output dari flyback yang menyuplai 24volt sebelum masuk dioda aku tambahi lilitan ke ferit flyback sekitar 4lilitan selanjutnya ukur tegangannya sudah normal belum.Setelah normal 24 volt gambarpun normal seperti semula..Semoga ada manfaatnya.
sumber: http://gbrelektronik.blogspot.com/2010/05/sharp-great-alexander-21gxf200mk.html



6. Televisi Sharp 14E25MK2 Tidak Ada Gambar Dan Suara
Diagnosa

Televisi jika kita hidupkan cuma bisa kita lihat lampu indikatornya saja yang menyala,tidak ada gambar maupun suara yang keluar dari televisinya.

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Tahap awal kita periksa Tegangan supply untuk bagian Playback yaitu 115 volt, dan disini dalam keadaan baik. Dan supply output dari Playback sesaat jika kita coba hidupkan televisi terlihat ada, jadi Playback masih dalam kondisi baik. Setelah beberapa kali kita coba hidupkan televisi, kita lihat adanya percikan api di belakang Yoke.

Segera kita lepaskan Yoke dan kita lihat adanya lilitan yang mengalami hangus. Lilitan berada pada bagian Horizontal, untuk memperbaiki tentunya mesti mengganti Yoke. Model Yoke yang di pergunakan adalah seperti ini:



Yoke pengganti kita tidak menemukan model yang sama agak susah untuk mendapatkannya, Disini kita coba menggantinya dengan Yoke model 1422 yang biasa digunakan pada televisi Polytron. Hasil yang kita dapatkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, gambar menjadi lebih lebar. Kita coba mengganti Capasitor pada bagian Output Horizontal juga tidak membawa hasil, hanya bisa mengecil sedikit.

Untuk mengatasi hal ini kini kita gunakan Trafo Maching Wansonic, supaya hasil gambar bisa kembali normal. Cara pemasangan Trafo adalah sebagai berikut:


  • Pin no 1 kita pasangkan kabel biru dari mainboard
  • Pin no 7 kita pasangkan kabel merah dari mainboard dan pasangkan juga ke Yoke Defleksi
  • Pin no 2–3–4–5–6 kita pasangkan kabel biru dari Yoke, sesuaikan dengan keperluan kita.

Untuk menghilangkan efek magnet kita mesti melepaskan lempengan yang ada pada bagian depan Yoke pengganti, supaya tampilan sama seperti Yoke bawaan aslinya. Berikut ini gambar setelah kita pasangkan Trafo:



Kini kita coba lagi hidupkan televisinya? Hasilnya ALhamdulillah televisi bisa berfungsi seperti sedia kala. Hasil gambar sudah tampak seperti bawaan aslinya dan untuk fungsi audio juga juga sudah kembali normal .
sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-sharp-14e25mk2-tidak-ada-gambar-dan-suara/

7. Televisi Sharp 20W200 Tidak Ada Gambar Dan Suara
Diagnosa

Televisi Sharp jika kita hidupkan hanya lampu indikator yang menyala sedangan gambar serta suara tidak ada.

Model Televisi Sharp :



Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .
Untuk mempermudah pelacakan televisi kita coba hidupkan dan mengukur di beberapa titik, paling utama pada bagian B+ 115 volt. Pada televisi ini tegangan supply baru akan ada ketika perintah on dari IC Bus memberi sinyal untuk hidup, jadi kita mesti menekan tombol program untuk menghidupkan televisi. Ketika televisi hidup sesaat kita melihat adanya percikan api pada mainboard , posisi persisnya bisa kita lihat pada gambar berikut:



Dengan kejadian ini membuat beberapa jalur menjadi tidak terhubung, inilah yang membuat televisi tidak bisa hidup. Perbaikan untuk ini kita mesti menjumper dengan kabel mengingat jalur pada mainboard yang sangat berdekatan, Jalur yang tidak terhubung ada 3 baris. Sisa hangus pada mainboard juga mesti kita bersihkan dengan cara menoreskan disini kita menggunakan pisau carter. Tampilan mainboard setelah kita pasangkan kabel jumper tampak pada gambar berikut:




Selesai pemasangan kabel jumper kini kita coba hidupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah televisi sudah kembali hidup.
sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-sharp-20w200-tidak-ada-gambar-dan-suara/


8. Televisi Sharp 14X25 Tidak Bisa Hidup
Diagnosa

Televisi Sharp jika kita hidupkan cuma terlihat lampu indikator-nya saja yang menyala, kita tekan tombol program/ power cuma terlihat lampu indikator berubah warna sedangkan televisi tetap tidak mau hidup.

Model televisi Sharp :



Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Pemeriksaan untuk kasus kerusakan seperti ini kita mulai mengukur di beberapa titik diantaranya tegangan B+ untuk supply ke Playback selanjutnya tegangan 5 volt untuk rangkaian logic. Hasil dari pengukuran yang kita lakukan kita dapatkan tegangan supply dalam kondisi baik dalam hal ini tidak drop. Untuk memperjelas kenapa televisi tetap tidak mau hidup padahal tegangan supply dalam kondisi baik maka kita coba mengukur tegangan untuk sistem osilasi Horizontal.

Tegangan osilasi Horizontal didapat dari Chipset yang mendapatkan tegangan supply 8 volt, nah dari sini baru dikeluarkan tegangan untuk basis transistor . Kita adakan pengukuran dan kita dapatkan tegangan untuk basis tersedia maksudnya ada, itu kita lihat hanya sesaat saja setelah sistem mencoba menghidupkan televisi-nya tapi karena playback tidak mau hidup maka kembali ke posisi standby.

Jika tegangan untuk basis ada kenapa tetap tidak mau hidup televisi-nya ? untuk ini kita coba ukur tegangan pada kaki Colector Transistor dan hasilnya tegangan supply dalam kondisi drop dan ini disebabkan oleh transistor itu sendiri/ rusak maksudnya. Lokasi transistor bisa dilihat pada gambar berikut :



Model transistor-nya :



Transistor pengganti untuk ini kita gunakan type 2sc 3842 yang biasa dipergunakan untuk penguat video RGB, setelah selesai kita pasangkan kini kita coba hidupkan televisi Sharp-nya ? Hasilnya alhamdulillah televisi Sharp kini telah kembali hidup, dan ternyata ada tambahan kerusakan yaitu warna merah tidak tampak pada layar monitor-nya. Kita coba ukur transistor penguat video RGB untuk kanal Merah ,hasilnya masih bagus transistor-nya .

Kita coba ukur tegangan untuk basis transistor-nya kita dapatkan hanya o volt. Ternyata kerusakan karena resistor 4k7 dari output RGB Chipset untuk basis transistor yang mengalami kerusakan, segera kita lepaskan resistor 4k7 dan memasangkan dengan resistor baru dan kini warna merah sudah terlihat lagi pada layar monitor-nya. Resistor yang mengalami kerusakan model kecil/ SMD jadi mesti diurut jalurnya yaitu hanya untuk kaki basis transistor kanal merah-nya.
sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-sharp-14x25-tidak-bisa-hidup/


9. TV SHARP 14S20D MATI STANDBY
Giliran dapat service TV sharp model 14s20d dengan keluhan hanya lampu merah( standby ) aja.
Langsung saja buka tutup belakang tv, lepas kabel-2, ambil mesin dan bersihkan.
Pengamatan visual dilakukan melihat komponen yang mungkin mencurigakan, namum tidak ditemukan.
Selanjutnya balikkan mesin tv dan amati solderan, ditemukan beberapa titik solderan yang kendor.
Resolderpun di lakukan dibagian-bagian yang retak dan rawan panas.
selesai resolder, tv pun siap di uji coba. Alhamdulillah tv dah bisa menyala dengan normal.
TV ini menggunakan IC power supply str w5453a, horisontal TT2140, vertikal LA78040, audio AN17823A, single chip IXB855wjZZ dan FBT BSC25-0216F.
sumber: https://006service.blogspot.com/2015/10/tv-sharp-14s20d-mati-standby.html


10. Perbaikan Tv Sharp mati standby.


Gbr.tv sharp 21GXF200.

Kerusakan yang dialami tv diatas yakni jika dihidupkan hanya led standby yang hidup, jika distart tidak ada respon sama sekali baik dari tombol P+ atau dari remot controlnya.
tv layar datar model ini power suply-nya menggunakan komponen salah satunya Ic STR.6754, horisontal Tr TT2140.

Pengecekkan area power suply terutama koneksi solderan dulu dipastikan sudah oke, lalu pengecekan B+ pada semua titik primer dan sekunder power suply. alhasil didapat bahwa ic STR w6754 masih ok, tapi kok belum juga mau start.

Nyruput kopi dulu ah...break sebentar biar mata nggak redup dan biar nggak ogah-ogahan kayak tv yang sedang saya tangani ini,..hehehe..
lanjutkan lagi saya ganti elco pada C829. dan C717 /47uf.
tv saya tes kembali ternyata sudah nggak ogah-ogahan lagi.




Alhamdulillah......kelar juga,....kalau sudah rejeki tak akan kemana.

Untuk problem tv sharp type lainnya buka Disini
sumber: https://zenntronic.blogspot.com/2014/10/perbaikan-tv-sharp-mati-standby.html




Artikel lainnya:

Comments

Popular posts from this blog

Data Pin Flyback Tv Tabung Sharp dan Persamaannya

Parameter Service Mode Tv Tabung Sharp

Cara Memperbaiki Tv Tabung Sharp Indikator Merah Kedip-kedip